• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Madura

Pelajar NU Sumenep Diasah Pengetahuan Desain Grafis

Pelajar NU Sumenep Diasah Pengetahuan Desain Grafis
Suasana kuliah desain yang diadakan PC IPNU-IPPNU Sumenep. (Foto: Firdausi).
Suasana kuliah desain yang diadakan PC IPNU-IPPNU Sumenep. (Foto: Firdausi).

Sumenep, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Sumenep menggelar ‘Kuliah Desain’ selama dua hari pada Sabtu hingga Ahad, (18-19/09/2021). Kegiatan ini guna mengasah serta meningkatkan kemampuan kader di bidang desain grafis.

 

Adapun acara ini digagas oleh Lembaga Pers dan Penerbitan (LPP) PC IPNU bekerja sama dengan Departemen Informasi dan Komunikasi PC IPPNU Sumenep. Agenda ini dilaksanakan di Graha Pemuda Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumenep.

 

Kiai Abdul Wasid, selaku Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep menyampaikan bahwa bakat itu bukan berasal dari keturunan. Maka bakat yang sudah ada dalm diri seseorang harus dikembangkan.

 

"Kita harus terus mengasah potensi bakat kita masing-masing, termasuk di bidang desain grafis ini,"  kata Kiai Wasid yang juga mantan Sekretaris Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sumenep tersebut.

 

Sementara itu, Zaynollah selaku Ketua PC IPNU Sumenep berharap agar pelaksanaan kegiatan ini dapat mencetak desain grafis yang mahir dan dapat berkontribusi dalam dakwah digital Nahdlatul Ulama.

 

"Semoga ke depannya peserta dapat mengasah ilmunya dan menindaklanjuti dengan membentuk komunitas bakat kreatif untuk bertukar pikiran tentang desain grafis" ungkap Zen sapaan akrabnya.

 

Dalam kuliah desain tersebut, terdapat dua materi yaitu Pixellab yang dimentori oleh Sugianto dan Materi CorelDraw yang dimentori oleh Ahmad Laili.

 

Adapun kegiatan ini diikuti oleh 22 peserta. Mereka terdiri dari 12 kader IPNU, 5 kader IPPNU, 3 kader Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Batang-Batang, dan 2 santri Pondok Pesantren Al-Karimiyah Gapura.

 

 

Terpisah, Syarifatun Jamilah, Ketua IPPNU Sumenep mengatakan, kegiatan ini menjadi penopang semangat pelajar NU dalam berdakwah di media sosial.

 

"Ingat, tidak semua dakwah dilakukan bil lisan. Tetapi dakwah itu bisa lewat kegiatan ini dengan mengasah skill pelajar yang nantinya akan berdakwah di media online dan cetak,” tandasnya.

 

Penulis: Ainul Yakin dan Firdausi

Editor: Romza


Editor:

Madura Terbaru