• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Madura

Pastikan Hewan Sehat, LPPNU di Sumenep Gelar Suntik Sapi Massal

Pastikan Hewan Sehat, LPPNU di Sumenep Gelar Suntik Sapi Massal
Suntik sapi oleh LPPNU Pragaan, Sumenep. (Foto: NOJ/Firdausi)
Suntik sapi oleh LPPNU Pragaan, Sumenep. (Foto: NOJ/Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim

Salah satu rangkaian Hari Santri Nasional (HSN) Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Pragaan, Sumenep, Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) menggelar suntik sapi massal di beberapa desa dengan menggandeng Dinas Peternakan setempat, Selasa (26/10).

 

Ketua LPPNU Pragaan, Buna’i menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesehatan sapi dan pemberdayaan ekonomi masyarakat di akar rumput. Hewan ternaknya yang disuntik adalah warga NU yang profesinya sebagai peternak sapi lokal Madura.

 

“Obat injeksi yang disuntikkannya adalah vitamin guna menjaga kesehatan sapi dan tidak memiliki efek samping,” ujarnya saat di interview reporter NU Online Jatim.

 

Tak hanya itu, dirinya melaporkan bahwa, kegiatan tersebut dilaksanakan secara serentak di beberapa desa. “15 ekor di Pakamban Laok, 5 ekor di Jaddung, 11 ekor di Aeng Panas, dan 9 ekor di Karduluk,” kata pria yang kini menjadi Ketua Divisi Penyuluhan LPPNU Sumenep itu.

 

Di kesempatan yang berbeda, Ketua Panitia HSN Pragaan, Ahmad Qusyairi mengutarakan bahwa, kegiatan tersebut dalam rangka menjalin ukhuwah dengan warga NU, khusus peternak dan membuktikan bahwa NU benar-benar hadir di tengah-tengah masyarakat.

 

“Semoga hewan ternaknya warga NU sehat, gemuk, doyan makan, cepat beranak, dan sejenisnya,” harap Sekretaris Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Pragaan itu.

 

Qusyairi sapaannya, melaporkan bahwa,tinggal satu kegiatan yang belum terlaksana, yaitu pelatihan mendongeng untuk guru PAUD dan RA yang akan dilaksanakan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu).

 

“Insya Allah dalam waktu dekat ini akan terealisasi,” tandasnya.


Madura Terbaru