• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Juni 2022

Madura

PCNU Pamekasan Siapkan Tim Syiar Ramadhan di Bulan Suci

PCNU Pamekasan Siapkan Tim Syiar Ramadhan di Bulan Suci
Rapat persiapan tim syiar Ramadhan PCNU Pamekasan. (Foto: NOJ/Syarofi)
Rapat persiapan tim syiar Ramadhan PCNU Pamekasan. (Foto: NOJ/Syarofi)

Pamekasan, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Pamekasan menyiapkan sejumlah program di bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah. Program khusus itu dibuat untuk menguatkan dan memperluas syiar Islam ala Aswaja Annahdliyah ke masyarakat. Tim syiar Ramadhan pun disiapkan.


Tim syiar Ramadhan sebanyak 50 orang, terdiri dari unsur badan otonom dan lembaga di lingkungan PCNU Pamekasan. Mereka nantinya akan disebar secara bergantian mengisi program Ramadhan, baik yang dilaksanakan secara offline maupun online.


Program Ramadhan dilaksanakan mulai jelang Ramadhan. Program-program tersebut ialah pembuatan jadwal Imsakiyah, pelaksanaan rukyatul hilal, tadarus Al-Qur’an, dialog interaktif di Karimata FMdan JTV Madura, ceramah di Ralita FM, SP FM dan radio Gerbang Salam, pengajian umum Lailatul Qodar, santunan anak yatim dan dhuafa, dan live streaming ngaji kitab kuning setiap hari.


Atiqullah, Ketua Tim Syiar Ramadhan PCNU Pamekasan, mengatakan, pembentukan tim syiar ini untuk mempermudah syiar dakwah PCNU Pamekasan kepada masyarakat selama di bulan Ramadhan.


"Alhamdulillah, semua program di tim syiar PCNU Pamekasan sudah terbentuk, tentu ini tiada lain untuk mempermudah dan memperluas dakwah PCNU Pamekasan untuk mengajak warga melakukan ibadah di bulan Ramadhan," katanya, Kamis (31/03/2022).


Dosen Institut Agama Islam Negeri Madura itu menerangkan, semua program sudah diberikan langsung kepada para pengurus yang berkompeten.


"Seperti halnya kegiatan rukyatul hilal ini nanti akan dilakukan oleh LFNU PCNU Pamekasan, di bidang dakwah baik di TV maupun radio kita telah menggandeng LDNU untuk menyampaikan Islam washatiah yang sejuk dan santun," terangnya.


Atiq berharap, semua kegiatan syiar Ramdhan PCNU Pamekasan tahun ini berjalan dengan lancar dan penuh harapan masyarakat bisa mengikuti semua program yang telah dibuat.


Sementara itu, KH Syuhada Ibrohim, Ketua LDNU Pamekasan, mengaku bahwa bersama para anggota dai yang lain telah mengatakan kesiapannya untuk mengisi dan mensyiarkan dakwah islam moderat dengan landasan Aswaja Annahdliyah.


"Untuk dakwah di televisi dan beberapa radio di Pamekasan kita telah melakukan kerja sama, untuk para dai dari PCNU Pamekasan sendiri sudah kami bentuk dan para dai ini kami tegaskan agar memberikan pemahaman islam moderat selama bulan Ramadhan," ujarnya.


Madura Terbaru