• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Madura

Sako Pramuka Ma'arif NU Jatim Kunjungi Pesantren Nasyrul Ulum Sumenep

Sako Pramuka Ma'arif NU Jatim Kunjungi Pesantren Nasyrul Ulum Sumenep
Kunjungan PW Sako Pramuka Maarif NU Jatim ke Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Aengdake, Bluto, Sumenep. (Foto: NOJ/ Firdausi)
Kunjungan PW Sako Pramuka Maarif NU Jatim ke Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Aengdake, Bluto, Sumenep. (Foto: NOJ/ Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim
Pengurus Wilayah (PW) Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Ma'arif NU Jatim melakukan silaturahim ke Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Aengdake, Bluto, Sumenep, Senin (04/07/2022). Rombongan dipimpin langsung Ketua PW Sako Pramuka Ma'arif NU Jatim, H Mujib Hasyim.


“Kunjungan ini murni dilakukan untuk silaturahim. Di samping juga dijajaki kemungkinan sinergi antara PW Sako Pramuka Maarif NU Jatim dengan Gugus Depan (Gudep) Pramuka Pesantren Nasyrul Ulum,” ujar H Mujib Hasyim.


Dirinya juga menyebutkan, Sumenep sangat layak menjadi tuan rumah kegiatan Sako Pramuka Ma’arif NU, baik di tingkat Jawa Timur ataupun Nasional.


"Selain memiliki tempat yang memadai di beberapa pesantren, pengurus juga istiqamah menanamkan nilai-nilai pendidikan yang berkarakter agamis," ungkapnya.


H Mujib Hasyim meyakini, bahwa pendidikan karakter yang ditanamkan oleh pembina kepada santri, dapat membentuk kepribadian secara terukur guna mencetak generasi yang memiliki moral yang tinggi.


Usai silaturahim itu, dirinya mengaku akan langsung bertolak ke Surabaya. “Insyaallah, setelah ini kami akan langsung kembali ke Surabaya,” imbuhnya.


Sementara Pengasuh Pondok Nasyrul Ulum, KH A Hamid Mannan Munif berharap pada Sako Pramuka Ma’arif NU Jatim agar terus terjalin sinergi antar Pramuka yang berada di seluruh pesantren NU lewat kegiatan kepramukaan.


"Penting sekali Sako Ma’arif NU hadir ke tengah-tengah pesantren untuk mengenalkan ajaran agama Islam Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah, serta norma-norma sosial yang berlaku di tengah-tengah masyarakat," ungkapnya.


Dirinya berharap, agar kegiatan Sako Pramuka Ma’arif NU tidak hanya berkutat pada kepramukaan saja, tetapi juga merambah pada kegiatan sosial kemasyarakatan.


"Kami berharap Sako Pramuka Ma’arif NU menjadi organisasi yang berbeda dengan Pramuka lainnya, karena program intinya adalah mempersiapkan generasi pelajar yang tak bosan menuntut ilmu dan tetap nyantri di pesantren," pungkasnya.


Madura Terbaru