• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Madura

Terdampak PPKM Darurat Sasaran Utama Kurban LAZISNU Sumenep

Terdampak PPKM Darurat Sasaran Utama Kurban LAZISNU Sumenep
Kegiatan penyembelihan hewan kurban oleh LAZISNU di kantor NU Sumenep, Rabu (21/07/2021). (Foto: NOJ/F)
Kegiatan penyembelihan hewan kurban oleh LAZISNU di kantor NU Sumenep, Rabu (21/07/2021). (Foto: NOJ/F)

Sumenep, NU Online Jatim

Tahun ini NU Care - Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Sumenep melaksanakan penyembelihan hewan kurban di sebelah utara kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat, Rabu, (21/7/2021).  Sasaran utama distribusi daging kurban ialah warga terdampak PPKM Darurat.

 

"Hari ini kami lakukan penyembelihan hewan kurban itu satu ekor sapi dari Pemerintah Daerah Sumenep, dua ekor sapi dari keluarga almarhum Habib Husein Bafaqih bin Syekh Bafaqih, dan satu ekor kambing dari Ny Hj Dewi Khalifah selaku Ketua Pimpinan Cabang Muslimat NU atau Wakil Bupati Sumenep," kata Ketua LAZISNU Sumenep Kiai Yussalam Muhammad kepada NU Online Jatim.

 

Selanjutnya, daging kurban didistribusikan kepada warga NU yang terdampak PPKM Darurat Covid-19 di beberapa kecamatan.

 

"Kami lebih memprioritaskan pada warga terdampak PPKM kaerena ereka tidak bisa beraktivitas di masa pandemi," imbuh Kiai Yussalam.

 

Alumni Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk tersebut melanjutkan, panitia menyalurkan daging kurban tersebut dengan cara langsung mendatangi rumah warga atau door to door. Itu berbeda dengan distribusi kurban tahun lalu, di mana warga penerima datang ke kantor PCNU.

 

Ia menuturkan, warga yang paling banyak terdampak berada di daerah perkotaan. Selain itu panitia juga menyasar warga NU di seluruh Ranting NU, walau pun jumlah dagingnya hanya sedikit.

 

"Agar daging tersebut tepat sasaran, pengurus menggandeng Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama. Karena lembaga itu telah melakukan mapping dan pemetaan Ranting NU yang tergolong perlu diberdayakan," ujar Kiai Yussalam.

 

Di tempat yang sama, ketua panitia kurban Kiai Quraisyi Makki menjelaskan bahwa proses penyembelihan mengedepankan protokol kesehatan agar tidak berpotensi terjadi penularan Covid-19.

 

"Seluruh panitia dan tim penyembelihan menggunakan masker. Kami juga menyediakan masker, hand sanitizer, dan sabun cair beserta wastafelnya. Semoga pandemi ini segera berlalu," katanya.

 

Editor: Nur Faishal


Madura Terbaru