• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Malang Raya

207 CJH Kota Batu Diberangkatkan Menuju Embarkasi Surabaya

207 CJH Kota Batu Diberangkatkan Menuju Embarkasi Surabaya
Suasana pemberangkatan calon jamaah haji Kota Batu. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki)
Suasana pemberangkatan calon jamaah haji Kota Batu. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki)

Batu, NU Online Jatim 

Sebanyak 207 Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Batu tahun 1445 Hijriah tergabung dalam kloter 14 diberangkatkan menuju Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES). Pemberangkatan tersebut terpusat di Halaman Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Batu, Senin (13/05/2024).


Plt Kankemenag Kota Batu, Rahmatullah berpesan kepada CJH Kota Batu agar benar-benar menata niat yang baik selama melaksanakan ibadah haji di Tanah suci.


"Luruskan niat, tetap fokus ibadah haji. Mohon dengan hormat jangan niatkan niat yang lain selain ibadah haji. Karena, perjuangan menunggu berangkat haji hari ini lamanya 12 tahun," katanya.


Menurutnya, porsi haji didapatkan bukan cuma-cuma, namun sangat langka. Tidak semua orang bisa memperolehnya dengan mudah.


"Di Jawa Timur saja saat ini masa tunggunya kurang lebih 35 tahun. Oleh karenanya, panjenengan yang diberikan kesempatan tahun ini luruskan niat yang baik," tegasnya.
Rahmatullah juga mengingatkan agar jamaah haji mampu menjaga fisik dan stamina agar keadaan tetap prima. Ia menyebut, cuaca di Saudi berbeda dengan Indonesia. Informasi dari panitia di sana, cuacanya berkisar antara 40 hingga 50 derajat.


“Pesan kami, jaga asupan gizi, makan yang cukup, minum air putih yang cukup, suplemen vitamin yang cukup, dan jangan terlalu banyak di luar ruangan. Terakhir, jangan segan-segan bila memerlukan sesuatu minta pertolongan petugas haji," terangnya.


Sementara itu, salah satu CJH rombongan 2, Imam Syuhada telah menantikan jadwal keberangkatan haji sejak 12 tahun silam. "Alhamdulillah tahun ini kami bisa berangkat bersama istri,” ujarnya.


Ia memohon doa restunya semoga perjalanannya hingga pulang selalu mendapat pertolongan dan lindungan Allah SWT.


Sebagai informasi, 207 CJH Kota Batu terbagi menjadi 96 jamaah laki-laki dan 111 jamaah perempuan. CJH Kota Batu tersebut tergabung dalam Kloter 14 yang bergabung dengan 93 jamaah haji Kota Surabaya dan 66 jamaah haji Kabupaten Tuban.


Malang Raya Terbaru