• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Malang Raya

Agar Jamaah Sehat, PCNU Kota Malang Gelar Pengobatan Gratis

Agar Jamaah Sehat, PCNU Kota Malang Gelar Pengobatan Gratis
Pengobatan gratis yang digelar PCNU Kota Malang. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)
Pengobatan gratis yang digelar PCNU Kota Malang. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)

Malang, NU Online Jatim

Bulan suci Ramadhan menjadi momentum umat Islam meningkatkan beribadah. Mengisi itu, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Malang menyelenggarakan pengobatan gratis keliling di lima kecamatan selama puasa. Hal itu dilakukan supaya jamaah sehat sehingga istiqamah beribadah.


KH Kasuwi Saibane, Wakil Rais Syuriah PCNU Kota Malang, menjelaskan, selain  agenda keliling Pencerahan Ramadhan, juga ada rangkaian Pengobatan Gratis dari NU. Bulan Ramadhan dengan pagi hari berpuasa dan malam mengerjakan shalat tarawih membutuhkan tenaga sehingga harus sehat.


"Pengobatan gratis sambil syiar dan jamaah ini, kalau sehat nanti otomatis ibadahnya jadi Istiqamah. Itu yabg menjadi basis pemikiran kami," kata Kiai Kasui kepada NU Online Jatim, Senin (11/04/2022).


Ia mengaku, setelah kegiatan berjalan satu kali, para jamaah terlihat antusias menyambut kegiatan dari PCNU tersebut. "Nampaknya tim praktik kepada jamaah  banyak yang cocok. Itu termasuk bakti sosial kita," imbuhnya.


Menurut Kiai Kasui, kesehatan merupakan urusan dan kesadaran masing-masing pribadi. Tidak hanya takmir  masjid yang harus menjaga kebersihan, namun juga jamaah dalam menjalankan ibadah setiap hari.


Muhammad Yunus, salah satu pelaksana kegiatan, mengatakan, pelaksanaan pengobatan gratis di minggu pertama sudah berjalan dengan anggaran mandiri dari pengurus. Untuk pekan selanjutnya mendapat bantuan dari Universitas Islam Malang berupa mobil ambulans yang standby di lokasi.


"Kalau yang lain mandiri dari kasnya pengurus dan dari dr Syifa sebagai penanggungjawabnya," ujarnya.


Yunus mengaku, kegiatan pengobatan gratis ini tak fokus pada penanganan Covid-19, tetapi kondisi kesehatan masyarakat secara umum. “Kalau ini, kita pengen cek, melalui tensi dan kemudian penyakit bawaan, konsultasi gratis, pemeriksaan dan pemberian vitamin," paparnya.


Malang Raya Terbaru