• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Madura

LKNU Sumenep Layani Pengobatan Gratis untuk Nahdliyin

LKNU Sumenep Layani Pengobatan Gratis untuk Nahdliyin
Suasana pengobatan medis dan thibbun nabawi oleh LKNU Sumenep. (Foto: NOJ/ Firdausi)
Suasana pengobatan medis dan thibbun nabawi oleh LKNU Sumenep. (Foto: NOJ/ Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Sumenep ikut memeriahkan sidang Bahtsul Masail dengan menggelar pengobatan gratis, Ahad (13/02/2022). Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Madrul Muttaqin Nyabakan Barat, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep. 

 

Pengurus LKNU Sumenep, dr Slamet Riyadi mengutarakan, pada pertemuan bulanan ini pihaknya memberikan dua jenis pelayanan pengobatan gratis, yakni medis dan thibbun nabawi. 

 

"Untuk pelayanan medis, kami menggandeng 2 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), yakni Legung dan Batang-Batang. Jadi alat-alat medis dari sana, seperti tensi, timbangan, alat pemeriksaan kalium dan Glukosa Darah Acak (GDA), serta stik gula darah, asam urat dan kolesterol," terangnya. 

 

Untuk tenaga medis, lanjutnya, ada kolaborasi antara Persatuan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) Sumenep dan tenaga medis di 2 Puskesmas tersebut. 

 

"Alhamdulillah, ada 10 tenaga medis yang terjun saat ini, baik dari kalangan dokter, perawat dan bidan," tutur Wakil Ketua II PDNU Sumenep itu. 

 

dr Slamet menjelaskan, pengobatan gratis ini diperuntukkan para masyaikh, pengurus NU, warga NU di Kecamatan Batang-Batang, baik usia lanjut dan anak-anak. 

 

"Rata-rata hasil diagnosa, pasien mengalami penyakit Myalgia (pegal linu) dan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (Ispa). Bahkan tadi ada salah satu pasien yang mengalami penyakit stroke ringan. Selain memeberikan pelayanan pengobatan, kami menganjurkan untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat serta pola makan, seperti mengurangi asupan garam," ungkapnya. 

 

Sedangkan untuk pengobatan thibbun nabawi, tambahnya, praktisi LKNU Sumenep memberikan pelayanan bekam basah dan kering serta jamu herbal. 

 

"Seluruh pembiayaan ini, kami disupport oleh Dinas Kesehatan (Dinkes), Keluarga Berencana (KB), PDNU, dan NU Care - Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Sumenep," kata Ketua LKNU Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Gapura itu. 

  

Terakhir ia menegaskan, pelayanan pengobatan gratis ini akan dimassifkan setiap acara bulanan di tingkat cabang agar kesehatan warga akar rumput terpantau. 

 

"Insyaallah ke depannya, kami akan melakukan pengobatan ruqyah di setiap momen bulanan," pungkasnya. 


Editor:

Madura Terbaru