• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Tapal Kuda

Turba IPNU Jatim, Korda Mapesraya Diharap Selaraskan Kaderisasi

Turba IPNU Jatim, Korda Mapesraya Diharap Selaraskan Kaderisasi
Turba PW IPNU Jatim di Kabupaten Pasuruan, Sabtu (12/02/2022). (Foto: NOJ/ Faisol)
Turba PW IPNU Jatim di Kabupaten Pasuruan, Sabtu (12/02/2022). (Foto: NOJ/ Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jawa Timur mengelar turun ke bawah (Turba) ke Koordinasi Daerah (Korda) Malang Pasuruan Raya (Mapasraya) pada Sabtu (12/02/2022). Kegiatan yang dilaksanakan di di Pendopo Segoropuro Kabupaten Pasuruan ini merupakan rangkaian menyambut Hari Lahir (Harlah) ke-68 IPNU.

 

Ketua PW IPNU Jawa Timur M Fakhrul Irfan Syah menyampaikan, tipologi-tipologi Pimpinan Cabang (PC) IPNU di Jawa Timur sangatlah beragam. Semisal PC IPNU Kota Mapasraya mekanisme perawatannya melalui Perguruan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT), kajian-kajian dan katologi-katologi yang ada di kota. Sedangkan di PC IPNU kabupaten, mekanisme perawatan melalui Pimpinan Anak Cabang (PAC), Pimpinan Ranting (PR) bahkan Pimpinan Anak Ranting (PAR).

 

"Konsolidasi ini bertujuan untuk pemerataan kaderisasi agar tidak ada kesenjangan di Korda Mapasraya," ujarnya.

 

Lebih lanjut Irfan mengatakan, capaian PC IPNU di Jawa Timur adalah akreditasi. Tetapi permasalahannya yang terlihat adalah komitmen seorang kader dalam berjamiyah.

 

"Mari kita luruskan niat dan komitmen kita untuk tetap khidmah di NU melalui IPNU demi jamaah untuk kesuksesan jamiyah," ujarnya.

 

Sementara Ketua PC IPNU Kabupaten Pasuruan Imam Subondo mengatakan, dari 19 kecamatan yang ada di daerahnya terdapat ribuan PR dan 41 Pimpinan Komisariat (PK) yang aktif.

 

"Data ini didapat dari 'Gerakan IPNU Satu Data’ dengan tujuan mengetahui jumlah serta potensi kader IPNU yang berada di wilayah kerjanya," ujarnya.

 

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan mengintegrasikan data kader IPNU se-Kabupaten Pasuruan dapat mempermudah setiap departemen dan lembaga di tingkatan pimpinan cabang untuk merealisasikan program kerjanya.

  

"Tugas PC IPNU Kabupaten Pasuruan adalah mengayomi, memfasilitasi, dan memastikan jika gerak organisasi di tingkatan bawah berjalan dengan baik. Salah satunya dengan Gerakan IPNU Satu Data inilah yang kemudian kami hadirkan sebagai solusi," ujarnya.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru