• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Matraman

Apel Akbar Iringi Harlah Ke-99 NU di Pacitan 

Apel Akbar Iringi Harlah Ke-99 NU di Pacitan 
Apel akbar oleh MWCNU Nawangan, Pacitan dalam rangka harlah ke-99 NU. (Foto: NOJ/Risalatul M)
Apel akbar oleh MWCNU Nawangan, Pacitan dalam rangka harlah ke-99 NU. (Foto: NOJ/Risalatul M)

Pacitan, NU Online Jatim
Geliat peringatan hari lahir ke-99 NU mulai dirasakan di sejumlah daerah, termasuk di Pacitan. Bersama sejumlah badan otonom NU, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Nawangan menyelenggarakan apel akbar. Kegiatan dipusatkan di Monumen Jenderal Sudirman, Pakis Baru, Sabtu (12/02/2022).
 

Apel diikuti ratusan peserta dari MWCNU Nawangan, banom NU dan ditambah lembaga pendidikan di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Nawangan. Apel dipimpin Rais Syuriyah MWCNU Nawangan, Kiai Nurus Son'ani. 
 

"Apel hari ini dilaksanakan di tempat bersejarah. Maka marilah kepada segenap generasi penerus bangsa khususnya Ansor, Banser, Fatayat NU, IPNU, IPPNU, Pagar Nusa, serta siswa dan siswi sekalian untuk mewarisi perjuangan para pahlawan, berjuang sesuai dengan kapasitas masing-masing dan tentunya tetap mencintai NKRI,” kata Kiai Nurul Son’ani saat sambutan..
 

Kegiatan bertambah meriah ketika selesai apel, dimulai dari Barisan Ansor Serbaguna atau Banser menyanyikan sejumlah yel-yel. Tidak berhenti sampai di situ, juga dilanjutkan pentas seni dari masing- asing lembaga sekolah.
 

Mereka unjuk kebolehan antara lain dengan pidato Bahasa Arab dan shalawat dari MIPK Insan Madani Pakis Baru. Demikian pula seni Reog dari MTs 13 Nawangan termasuk lagu shalawat. MA Ma’arif Nawangan menampilkan keroncong religi, serta atraksi bela diri dari Pagar Nusa. 
 

“Tantangan terbesar kita saat ini adalah mewujudkan kemandirian organisasi dalam rangka kemajuan, pengelolaan dan penataan organisasi dan SDM yang ada,” kata Ketua MWCNU Nawangan, Mahmud. 
 

Menurutnya, hal tersebut untuk mewujudkan visi besar NU merawat jagad untuk pembangungan peradaban dunia. Demikian pula bamon NU harus bisa menunjukkan eksistensinya dan kerja nyata.
 

“Hal tersebut sebagai bentuk persembahan kepada pendiri NU dan NKRI dengan tetap mengedepankan dakwah rahmatan lil alamin,” tegasnya.
 

Ada beberapa agenda dipersiapkan dan sudah dilaksanakan dalam rangka harlah NU tahun ini. Di antaranya Majelis Dzikir Ratibbul Haddad, bakti sosial oleh Ansor dan Banser Nawangan serta IPNU IPPNU. 
 

“Demikian pula khatmil Qur'an oleh Fatayat dan Muslimat NU, ziarah masayikh, apel harlah NU, dan puncak kegiatan malam tasyakuran akan dilaksanakan pada 19 Februari di Pendopo Kecamatan Nawangan,” pungkas dia.


Editor:

Matraman Terbaru