• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 2 Oktober 2022

Matraman

Perdana, PMII STKIP PGRI Pacitan Gelar Pelatihan Kader Dasar

Perdana, PMII STKIP PGRI Pacitan Gelar Pelatihan Kader Dasar
Pembukaan PKD PMII PK STKIP PGRI Pacitan di Balai Desa Widoro. (Foto: NOJ/Al Amin)
Pembukaan PKD PMII PK STKIP PGRI Pacitan di Balai Desa Widoro. (Foto: NOJ/Al Amin)

Pacitan, NU Online Jatim
Pengurus Komisariat (PK) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan  (STKIP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Pacitan menggelar Pelatihan Kader Dasar (PKD).
 

Pelatihan ini merupakan kegiatan perdana dengan mengambil tema 'Direndra Ekadanta'. Acara yang berlangsung sejak Kamis hingga Ahad (27-30/01/2022) tersebut dipusatkan di Balai Desa Widoro, Kecamatan/Kabupaten Pacitan.
 

"Direndra Ekadanta berasal dari bahasa sanskerta yang mempunyai arti pemberani yang cerdas," kata Rima Damayanti, Ketua PK PMII STKIP PGRI Pacitan, Jumat (27/01/2022). 
 

Dijelaskan dia, jenjang kaderisasi formal PMII ada tiga. Mulai dari Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba), PKD, dan Pelatihan Kader Lanjut (PKL). Alumni Mapaba biasa disebut kader mu'takid, alumni PKD dengan sebutan kader mujahid sedangkan alumni PKL dengan gelar kader mujtahid.
 

Dirinya berharap, meskipun perdana, kegiatan ini nantinya mampu memberikan dampak yang positif. Sehingga, benar-benar akan melahirkan kader yang pemberani dan cerdas sebagai penggerak PMII ke depannya. 
 

"PKD merupakan jenjang kaderisasi formal yang ada di PMII,” katanya. 
 

Demikian pula disampaikan bahwa PKD kali ini merupakan yang pertama yang dilaksanakan di PK STKIP. Dengan harapan dapat terlahir kader pemberani yang cerdas, dan juga dapat memberikan dampak positif setelah mengikuti kegiatan.
 

Sejalan dengan itu, Majelis Pembina Komisariat (Mabinkom) STKIP PGRI Pacitan Anas Sugianto berharap, peserta dapat menjadi kader yang siap berkomitmen dalam mengembangkan PMII. 
 

"Harapannya, dengan adanya PKD perdana dari STKIP PGRI Pacitan ini, pulang dari sini seluruh peserta dapat berkomitmen dalam berorganisasi di PMII bukan hanya sebagai pengurus organisasi saja tapi juga mengurusi organisasi," harapnya. 
 

Yang juga tidak kalah penting adalah bahwa berkhidmat di PMII bisa menjadi wasilah untuk mendapatkan keberkahan hidup. Termasuk diakui sebagai santri Hadratussyekh, KH M Hasyim Asy’ari.
 

"Dan semoga mendapatkan berkah dalam mengurusi organisasi seperti dawuh kiai Hasyim Asy'ari," tambahnya. 
 

Pelatihan diikuti anggota PMII baik dari internal maupun eksternal. Seperti, dari PK STKIP PGRI, PK Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fattah Kikil Arjosari Pacitan. Bahkan ada peserta dari Tulungagung, Blitar, Lumajang, Gresik hingga Sukoharjo. 
 

Penulis: Al Amin


Editor:

Matraman Terbaru