• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 21 Mei 2022

Malang Raya

Peluncuran E-PMII Warnai Pelantikan IKA PMII Kota Malang

Peluncuran E-PMII Warnai Pelantikan IKA PMII Kota Malang
Suasana Pelantikan IKA PMII Kota Malang secara khidmat. (22/01) (NUOJ/MJ)
Suasana Pelantikan IKA PMII Kota Malang secara khidmat. (22/01) (NUOJ/MJ)

Malang, NU Online Jatim

Wajah baru di tubuh pengurus Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA-PMII) Kota Malang resmi dilantik. Di tengah-tengah pelantikan juga dilaksanakan peluncuran E-PMII yang berbasis digital bagi kader PMII Kota Malang.

 

Ditemui setelah pelantikan, Ketua IKA PMII Kota Malang, Muhammad Nuruddin menuturkan bahwa pelantikan kali ini mengusung tema 'PMII Pemersatu Bangsa: Kreatifitas Ekonomi dan Konsolidasi Demokrasi Menuju Memakmurkan Bersama Bangsa'.

 

"Alhamdulillah kader-kader kita memperjuangkan. Acara pelantikan ini sebetulnya juga melaunching e-PMII basis platform digital yang bisa diinstall android. Sebetulnya (kader PMII) menjadi ambassador tidak hanya Malang tapi se-Indonesia," kata Gus Din sapaan Nuruddin di Mini Block Office Balaikota Malang, Sabtu (22/01/2022).

 

Menurtnya, konektifitas menjadi penting antar anggota agar ghiroh ber- PMII tekoneksi. Aplikasi tersebut juga untuk mengetahui sebaran anggota berada di mana, bekerja sebagai apa. 

 

Selanjutnya, konektivitas anggota dengan melalui data base by name by adress akan memudahkan. Akan saling mengisi baik yang menekuni sosial, entrepreneur maupun lainnya sebagai database di PMII.

 

"Apakah di level UMKM, apakah kolongmerat. Kita ada menjadi mata rantai dari desa ke kota," ungkapnya.

 

Gus Din menjelaskan, pihaknya memiliki 4 fokus program IKA PMII. Aspek satu menyoal regulasi di AD-ART, serta tugas pokok IKA PMII menguatkan kaderisasi.

 

Dikatakannya, program selama lima tahun kedepan akan mendahukukan 100 persen memperkuat 17 komisariat. Sehingga kader PMII di komisariat mendapatkan layanan dalam bentuk pengetahuan, pendampingan, pengelolaan manajemen organisasi.

 

"Sesudah itu, kita mengkonsolidasi dan memperkuat kaderisasi. Sekarang itu kita melihat ke luar out looking. Ada potensi ekonomi yang bisa digerakkan oleh kader maupun alumni sendiri," ungkapnya.

 

Gus Din berpesan bagi anggota maupun kader PMII agar memiliki self confidence atau kepercayaan diri bukan hanya untuk internal. Tetapi mereka harus bisa berinteraksi dengan dunia luar organisasi, sehingga harus lebih dari self confidence.

 

Karena dalam diri kader PMII  harus mampu menjadi pelopor salah satu kepeloporan intelektual dan kepemimpinan. Selain itu, harus siap di mana di tempat tugaskan, baik dalam birokrasi maupun di tengah masyarakat.

 

"Mereka harus menjadi panutan, ini yang harus dipersiapkan oleh kader-kader PMII," pungkasnya.

 

Turut hadir dalam pelantikan ini adalah Ketua Umum PB IKA PMII, Ahmad Muqowam dan Bendahara Umum PB IKAPMII, Sudarto, PWNU Jatim Gus Shodiq Iskandar, Arumi Bachsin, dan Walikota Malang, H Sutiaji.

  

Kemudian ada pula Rektor Universitas Islam Malang (Unisma) Maskuri, Ketua PCNU Kota Malang KH Isroqunnajah, dan beberapa undangan dari organisasi kepemudaan di Kota Malang.


Editor:

Malang Raya Terbaru