• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Parlemen

Wakil Ketua DPR RI Komitmen Berikan yang Terbaik untuk UMKM

Wakil Ketua DPR RI Komitmen Berikan yang Terbaik untuk UMKM
Gus Muhaimin saat berada di Industri Tas dan Koper (Intako) kawasan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo. (Foto: NOJ/A Toriq)
Gus Muhaimin saat berada di Industri Tas dan Koper (Intako) kawasan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo. (Foto: NOJ/A Toriq)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin terjun langsung menyapa para pengrajin dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kali ini yang disapa adalah koperasi Industri Tas dan Koper (Intako) di Kawasan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (22/01/2022).
 

Sapaan ini dimaksudkan untuk membangkitkan semangat para anggota Intako dalam mengembangkan kretifitas produk bahan kulit tengah kondisi sulit akibat pandemi Covid-19.
 

Salah seorang pengrajin kulit, H Sumirah di depan Gus Muhaimin mengaku bangga atas kunjungan pria yang juga Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut. Ia mengadukan hasil produksinya yang menurun akibat lemahnya daya beli masyarakat sejak pandemi melanda. Kondisi tersebut pun ia katakan, memperburuk ekonomi masyarakat yang sebelumnya terdampak semburan lumpur panas Lapindo. 
 

Mewakili pengrajin yang lain, dirinya berharap akan ada perhatian dari berbagai kalangan. termasuk tentu saja pemerintah dan Badan Usaha Milik Negera atau BUMN lewat Corporate Social Responsibility atau CSR sebagai bentuk perhatian usahawan kepada masyarakat dan lingkungan sekitar.
 

“Campur tangan Gus Muhaimin sangat kami harapkan. Misalnya bantuan-bantuan CSR dari BUMN-BUMN, kami mohon betul Gus Muhaimin bisa hadir di tengah kami,” kata Sumiran.
 

Di tempat yang sama, Gus Muhaimin mengaku terharu dengan sambutan yang diberikan masyarakat sekitar. Ia pun memaparkan visi dan misinya untuk menjadikan UMKM sebagai kekuatan perekonomian yang langsung digerakkan oleh akar rumput. 
 

“Saya merasa terhormat dan memiliki mandat yang sungguh-sungguh, apalagi ini mengingatkan bahwa visi dan misi kita ke depan mau tidak mau UMKM harus menjadi kekuatan ekonomi nasional,” ungkapnya.
 

Keponakan almaghfurlah KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ini berharap dukungan dan fasilitas diberikan kepada para pelaku UMKM. Kalau hal tersebut dilakukan, nilai produk dalam negeri tidak akan kalah dengan produk luar. Pada saat yang sama, menjadikan UMKM garda terdepan dalam kemajuan perekonomian bangsa Indonesia 
 

“Kita harus mampu membuktikan bahwa UMKM kita berjaya di Tanah Air. Insyaallah kita akan bangkit lagi setelah pandemi. Tidak boleh sedih, tidak boleh patah arang, kita harus optimis dan bahu membahu,” pungkasnya.


Editor:

Parlemen Terbaru