• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Tapal Kuda

Harlah Ke-99 NU

LKNU Kota Pasuruan Gelar Pengobatan Gratis Meriahkan Harlah NU

LKNU Kota Pasuruan Gelar Pengobatan Gratis Meriahkan Harlah NU
LKNU Kota Pasuruan saat melaksanakan pengobatan gratis dalam rangka memeriahkan Harlah ke-99 NU. (Foto: NOJ/ Diana Putri Maulida)
LKNU Kota Pasuruan saat melaksanakan pengobatan gratis dalam rangka memeriahkan Harlah ke-99 NU. (Foto: NOJ/ Diana Putri Maulida)

Pasuruan, NU Online Jatim

Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Kota Pasuruan menggelar pengobatan gratis pada Sabtu-Ahad (12-13/02/2022). Kegiatan tersebut diikuti ratusan warga di lingkungan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Tembokrejo dan Krapyakrejo, Kota Pasuruan.

 

Ketua LKNU Kota Pasuruan, Syaiful Hadi Yasin mengatakan, selain pengobatan gratis pihaknya juga memberikan penyuluhan pada peserta yang hadir terkait pola hidup sehat dan menjaga daya tahan tubuh.

 

“Berdasarkan data yang diperoleh, dari dua ratus peserta yang hadir, 70 persen di antaranya merupakan warga lanjut usia (lansia),” ujarnya saat dihubungi NU Online Jatim, Ahad (13/02/2022) malam.

 

Dirinya menyebutkan, kegiatan yang merupakan rangkaian Hari Lahir (Harlah) ke-99 Nahdlatul Ulama (NU) dalam hitungan hijriyah ini dipilih berdasarkan pertimbangan akibat menurunnya jumlah warga yang rutin melakukan kunjungan ke klinik kesehatan.

 

"Setelah ditelusuri, ternyata menurunnya itu karena ketakutan. Ada pikiran kalau setelah diperiksa hasilnya nanti bisa positif Covid-19. Nah, isi penyuluhannya juga tentang itu, bagaimana agar masyarakat tidak perlu khawatir lagi," tegas Yasin.

 

Untuk kegiatan tersebut, Yasin menjelaskan, bahwa pihaknya berkoordinasi dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) serta Rumah Sehat Medika yang merupakan satu-satunya Rumah Sakit (RS) swasta di Kota Pasuruan. Sebelumnya, turut diajak pula seluruh banom NU Kota Pasuruan untuk mensosialisasikan kegiatan tersebut.

 

"Beberapa pengurus itu kan ada yang juga jadi pegawai dinas kesehatan dan fasilitas kesehatan (faskes), kemudian juga dibantu sama Puskesmas dan rumah sakit swasta di sini," ungkapnya.

 

Yasin mengaku juga tengah mempersiapkan empat Pos Kesehatan di empat kecamatan. Hal tersebut tidak lain sebagai upaya tindak lanjut serta kontrol kesehatan bagi warga setempat. Salah satu Pos Kesehatan tersebut saat ini telah sampai pada tahap perizinan dan akan segera difungsikan.

  

"Jadi, nanti sewaktu-waktu masyarakat bisa kontrol kesehatan. Untuk saat ini sementara di Puskesmas terdekat dulu. Satu pos sudah proses perizinan, tempatnya ada di Kecamatan Karanganyar. Semoga bisa bermanfaat bagi warga," pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru