• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Malang Raya

Cara Ibu-ibu Hajjahnya NU di Malang Isi Ramadlan

Cara Ibu-ibu Hajjahnya NU di Malang Isi Ramadlan
Poster kegiatan keagamaan yang dilaksanakan Ikatan Haji Muslimat Malang. (Foto: NOJ/HM)
Poster kegiatan keagamaan yang dilaksanakan Ikatan Haji Muslimat Malang. (Foto: NOJ/HM)

Malang, NU Online Jatim

Nuansa pakaian putih penuhi Masjid Al-Maarif, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang sedari pukul enam hingga sembilan pada Ahad (18/04/2021). Jamaah yang didominasi kalangan ibu-ibu itu tiba sejak pagi buta kemudian melaksanakan pembacaan tahlil serta istighotsah dikhususkan kepada para tokoh masyarakat setempat.

 

Ibu-ibu tersebut adalah peserta doa bersama yang dilaksanakan oleh Ikatan Haji Muslimat (IHM) Nahdlatul Ulama dan Himpunan Da’iyah Muslimat. Salah satu yang mengurus kegiatan itu ialah Ketua Pimpinan Anak Cabang Muslimat NU Kecamatan Singosari, Nur Cholisoh.  

 

“Ibu-ibu kami ajak shalat sunnah hajat, shalat tasbih, dan shalat taubat, di awal tadi ada istighotsah dan tahlil khusus untuk para tokoh masyarakat setempat,” kata Nyai Cholisoh, panggilan akrabnya, kepada NU Online Jatim.

 

Acara yang juga dihadiri muballigh setempat, yakni KH Nur Salim, itu menyita antusias kalangan ibu-ibu yang merupakan delegasi dari  51 ranting. Total terdapat kurang lebih 250 orang hadir dalam kegiatan tersebut.

 

Mereka  semua berbusana putih lengkap dengan masker sebagai bentuk taat prosedur kesehatan di masa pandemi. Nyai Cholis menambahkan bahwa kegiatan ini juga dalam rangka munajat untuk keselamatan bangsa Indonesia.

 

“Kita sambil berdoa di dalam shalat hajat memohon kepada Allah supaya dijauhan dari bencana dan berharap pandemi  Covid-19 segera tuntas,” ungkapnya.

 

Program yang sudah berjalan dua periode ini bakal lebih meriah ke depannya dan banyak masjid yang ditempati  serta diminati masyarakat walau pun tidak bergabung di Muslimat NU.

 

“Ibu-ibu walaupun tidak aktif di Muslimat NU, kami sangat senang apabila mau bergabung,” tandas Nyai Cholis.

 

Editor: Nur Faishal


Malang Raya Terbaru