• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Matraman

Lapar Puasa Tak Kendorkan Semangat Fatayat NU Kota Madiun Bergiat

Lapar Puasa Tak Kendorkan Semangat Fatayat NU Kota Madiun Bergiat
PC Fatayat NU Kota Madiun dalam kegiatan lomba administrasi. (Foto: NOJ/MNA)
PC Fatayat NU Kota Madiun dalam kegiatan lomba administrasi. (Foto: NOJ/MNA)

Madiun, NU Online Jatim

Lapar dan dahaga sebagai bagian ujian orang berpuasa di bulan Ramadlan tak mengendorkan pengurus dan kader Pimpinan Cabang Fatayat Nahdlatul Ulama Kota Madiun berkhidmat. Buktinya, para kader pemudinya NU itu tetap bersemangat mengikuti apapun kegiatan positif di organisasi tersebut.

 

Di antaranya kegiatan lomba tertib administrasi yang pada Sabtu-Ahad (17-18/04/2021) di kantor PC Fatayat NU Kota Madiun yang diikuti seluruh Pimpinan Anak Cabang Fatayat NU se Kota Madiun.  

 

"Lomba ini sekaligus merupakan rangkaian kegiatan hari lahir (harlah) PC Fatayat NU Kota Madiun," kata Ketua PC Fatayat NU Kota Madiun, Uswatun Hasanah, kepada NU Online Jatim, Senin (19/04/2021).

 

Kata dia, administrasi dalam sebuah organisasi ibarat jantung yang mengatur sirkulasi darah dalam tubuh. Jika peredaran darah lancar, aktivitas akan berlaku baik. Begitu pun dengan organisasi, tertibnya administrasi walau tidak terlihat dari luar secara jelas, tapi sangat berperan mengatur bagaimana proses organisasi dijalankan.

 

Dalam pelaksanaannya, lanjut Uswatun, pengurus Fatayat mendatangi PAC di Kota Madiun untuk melihat dan menilai ketertiban administrasi di PAC tersebut. Adapun kriteria penilaian adalah apakah administrasi sudah ada lengkap atau ada cukup atau ada kurang yang dinilai dengan hitungan persen.

 

Kelengkapan administrasi yang dinilai, di antaranya adalah kelengkapan buku seperti adanya buku agenda surat keluar dan masuk, buku ekspedisi, buku inventaris, buku keuangan, buku laporan kegiatan, buku kelengkapan data anggota dan pengurus dan lain-lain, kemudian juga dinilai kelengkapan atribut kantor seperti bendera, bagan struktur organisasi dan lain-lain.

 

Menurut Uswatun, PAC-PAC di Kota Madiun ini masih baru terbentuk pada akhir tahun 2020, namun seluruhnya mengikuti kegiatan ini dengan sambutan yang luar biasa. Yaitu dengan menunjukkan kelengkapan administrasi baik dari surat menyurat dan kelengkapan perkantoran  yang disampaikan.

 

"Diharapkan dengan adanya lomba ini kesinambungan dan sinergitas organisasi antar tingkatan kepengurusan dapat terjalin dengan baik. Kegiatan-kegiatan dapat berjalan lancar dan menambah kemajuan Fatayat NU Kota Madiun,"  pungkas Uswatun.

 

Editor: Nur Faishal


Matraman Terbaru