• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Malang Raya

Demi Kemandirian, OPOP Jatim Harus Dikembangkan secara Maksimal

Demi Kemandirian, OPOP Jatim Harus Dikembangkan secara Maksimal
KH Fathul Bari, Pengasuh Pondok Pesantren An-Nur 2 Bululawang Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki).
KH Fathul Bari, Pengasuh Pondok Pesantren An-Nur 2 Bululawang Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki).

Malang, NU Online Jatim

Pengasuh Pondok Pesantren An-Nur 2 Bululawang Kabupaten Malang, KH Fathul Bari Badruddin menyampaikan, dirinya sangat mendukung penuh gerakan yang dicanangkan dari One Pesantren One Product atau OPOP Jatim. Bahkan, mesti dikembangkan secara maksimal.

 

Penegasan ini disampaikan oleh KH Fathul Bari Badruddin saat ditemui NU Online Jatim selepas pembukaan ‘Bimbingan Teknis Pembuatan Konten Promosi Produk OPOP secara Digital’, Kamis (24/06/2021).

 

“Alhamdulillah, kami di An-Nur sementara ini sudah memproduksi kopi dan roti. Ada pula camilan, seperti halnya keripik tempe dan bakpao. Dalam waktu dekat kami juga akan mengurus perizinan BPOM, sertifikasi halal, SNI, dan lain sebagainya,” dawuhnya.

 

Gus Bari, sapaan akrabnya menyampaikan, bahwa ada banyak manfaat yang didapat apabila pesantren memiliki produk layak jual. Salah satunya berdampak pada kemandirian ekonomi pesantren serta mendidik para santri berwawasan kewirausahaan.

 

“Sehingga selain memperoleh ilmu agama yang dapat dikembangkan di masyarakat, santri juga memiliki daya saing dalam hal perekonomian,” imbuhnya.

 

Dirinya pun berharap, ke depan program OPOP Jatim tersebut mendapat dukungan dari pengasuh pesantren seluruh Jawa Timur.  

 

“Sehingga, keberadaan dan perkembangan OPOP dan Kopontren dapat berjalan sesuai yang diharapkan pemerintah, utamanya dalam kemandirian pesantren dan santri,” pungkas Gus Bari.

 

Turut hadir pada kegiatan tersebut Sekretaris OPOP Jatim, M Ghofirin dan Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jatim, Benny Sampirwanto, serta perwakilan dari 100 Pesantren di Jawa Timur.

 

Editor: A Habiburrahman


Malang Raya Terbaru