• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 25 April 2024

Malang Raya

Dilantik, Ansor Malang Diharap Jadi Garda Terdepan Majunya Indonesia

Dilantik, Ansor Malang Diharap Jadi Garda Terdepan Majunya Indonesia
Suasana pelantikan Pengurus PC GP Ansor Kabupaten Malang masa khidmat 2021-2025. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki)
Suasana pelantikan Pengurus PC GP Ansor Kabupaten Malang masa khidmat 2021-2025. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Malang masa khidmat 2021-2025 resmi dilantik oleh Wakil Sekretaris Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor, Gus Mohammad Abid Umar Faruq. Hadir pula Sekretaris Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Timur, M Hasan Bisri.


Pelantikan yang dirangkai Puncak Taubat Nusantara PC GP Ansor Kabupaten Malang ini bertajuk 'Menata Generasi Emas Kabupaten Malang'. Kegiatan dipusatkan di Hall Hotel Grand Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Ahad (18/12/2022).


Ketua PP GP Ansor sekaligus Koordinator Wilayah Jatim, Zaenal Abidin Domba menyampaikan pesan dari Ketua Umum (Ketum) GP Ansor, Gus Yaqut Cholil Qoumas. Pihaknya berpesan agar Ansor Kabupaten Malang serius, ikhlas, dan mengurus organisasi dengan benar.


“Ketua GP Ansor Kabupaten Malang yang baru harus rajin sowan dan terjun langsung mengecek anggotanya. Karena pemberdayaan ekonomi sangat penting," katanya.


Sementara itu, Sekretaris PW GP Ansor Jawa Timur, M Hasan Bisri mengatakan, pengurus yang sudah terlantik agar bisa menjaga 4M. Pertama, masjid dan mushala yang harus dibentengi dari gerakan intoleran. Kedua, madrasah yang harus dikawal mulai dari silabus dan lain sebagainya agar tidak dimasuki aliran yang ingin merongrong Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


“Ketiga, ma'had atau pondok pesantren, karena pesantren merupakan cikal bakal berdirinya NU, maka ini harus kita pertahankan. Keempat, media sosial yang harus benar-benar dikawal seluruh kader yang ada harus paham akan algoritma sosial media," tegasnya.


Senada, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Malang, Fatkhurrozi menambahkan, masa depan Indonesia ada di tangan generasi muda. Jika masa depan generasi muda cemerlang, masa depan Indonesia akan gemilang. Oleh karenanya, generasi muda harus mulai menatap masa depan, karena Indonesia pada tahun 2045 adalah momentum bersejarah.


“Saat ini, Indonesia genap berusia 100 tahun alias satu abad. Hal itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa generasi emas harus mulai ditata untuk masa depan generasi dan Indonesia. Begitu pula untuk generasi emas Kabupaten Malang," ucapnya.


Dijelaskan, generasi muda masa kini memiliki kewajiban ikut andil dan menata gerakan untuk masa depan generasi yang akan datang. Generasi yang cerdas dan menerima perubahan harus diterapkan sejak dini menuju impian Indonesia menjadi generasi emas yang akan datang. Oleh karenanya, PC GP Ansor Kabupaten Malang memiliki beban dan tanggung jawab besar bagaimana menata generasi emas yang akan menjadi garda terdepan untuk kemajuan Indonesia.


“Sehingga mampu menata gerakan yang berkualitas dan teladan untuk generasi selanjutnya," tandasnya.


Sebagai informasi, turut hadir di antaranya Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Malang, KH Zainal Arifin, Ketua PCNU Kabupaten Malang, KH Hamim Kholili, Bupati Malang H M Sanusi, dan sejumlah tokoh lain.


Malang Raya Terbaru