• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Kediri Raya

Hari Ini, GP Ansor Blitar Gelar Apel Kebangsaan

Hari Ini, GP Ansor Blitar Gelar Apel Kebangsaan
Flyer Apel Kebangsaan PC GP Ansor Kabupaten Blitar (Foto: Istimewa)
Flyer Apel Kebangsaan PC GP Ansor Kabupaten Blitar (Foto: Istimewa)

Blitar, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Blitar akan menggelar apel kebangsaan. Kegiatan ini bertajuk ‘Merawat Warisan Nilai Luhur Pancasila di Bhumi Laya Ika Tantra Adiraja’ dipusatkan di Kantor Bupati, Jalan Kusuma Bangsa, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar pada Jum’at (10/06/2022) siang.


Ketua PC GP Ansor Kabupaten Blitar, Hermawan menjelaskan, sebenarnya konsep awal dari apel kebangsaan ini untuk memperingati Hari Lahir (Harlah) GP Ansor yang ke-88. Namun, seiring berjalannya waktu beberapa ketua Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) merapat, dan muncul ide lagi untuk mengajak semua OKP di Kabupaten Blitar dalam bentuk apel kebangsaan.


“Hal ini bertujuan untuk memberikan contoh kepada seluruh pemuda di Kabupaten Blitar bahwa semua OKP bisa berkumpul berdiri bersama. Intinya persatuan dan kesatuan pemuda tidak ada urusan dengan politik,” katanya.


Sementara itu, Ketua Steering Committee (SC) Apel Kebangsaan, Ki Aris Sugito menuturkan, adanya apel kebangsaan ini untuk merawat nilai-nilai Pancasila, agar membangun jiwa nasionalis dan patriotisme para pemuda di Kabupaten Blitar.


“Sebab jiwa nasionalis dan patriotisme pemuda akan mempersatukan bangsa,” tuturnya.


Ki Aris juga menambahkan, apel kebangsaan ini tidak hanya diikuti oleh OKP saja, tetapi juga melibatkan seluruh Badan Otonom (Banom) Nahdlatul Ulama (NU) yang ada di Kabupaten Blitar. Tak hanya itu, apel kebangsaan ini juga akan dihadiri oleh peserta dari luar Blitar.


“Kemungkinan ada 5000 peserta yang ikut dalam Apel Kebangsaan ini, juga akan hadir dari Madiun, Tulungagung, dan Kediri,” pungkasnya.


Perlu diketahui, kegiatan ini juga akan menghadirkan Mantan Panglima TNI, Moeldoko untuk mengisi orasi dalam Apel Kebangsaan. GP Ansor juga akan menggelar beberapa rangkaian acara, diantaranya bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) oleh Asosiasi UMKM Lintang Songo.


Acara ini diakhiri dengan ‘Ansor Bersholawat dan Ngaji Bareng’ bersama Gus Arda Billy, Ketua Rijalul Ansor Kabupaten Blitar dan Gus Iqdam Cholid, Pengasuh Majelis Ta’lim Sabilu Taubah,


Kediri Raya Terbaru