• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Kediri Raya

Ini 5 Prioritas PC GP Ansor Tulungagung setelah Dilantik

Ini 5 Prioritas PC GP Ansor Tulungagung setelah Dilantik
Suasana pelantikan PC GP Ansor Tulungagung. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli).
Suasana pelantikan PC GP Ansor Tulungagung. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli).

Tulungagung, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Tulungagung masa khidmat 2021-2025 resmi dilantik. Ada lima poin program prioritas bagi pengurus yang baru dilantik, mulai dari kaderisasi hingga kemandirian kader dan anggota.


Ketua PC GP Ansor Kabupaten Tulungagung, Mukhamad Syukur mengatakan, program prioritas tersebut adalah tetap fokus pada penguatan kaderisasi karena ruhnya organisasi. Pihaknya akan maksimalkan dan mendorong kepada semua Pimpinan Anak Cabang (PAC) untuk memaksimalkan program pengkaderan Diklatsar dan PKD.


"Kalau di cabang ya PKL dan Susbalan, karena ruhnya organisasi adalah kaderisasi," ungkapnya di Gedung KH Arif Mustaqiem Lantai 6 UIN SATU Tulungagung, Ahad (05/06/2022).


Selanjutnya, perihal  penataan kelembagaan. Ansor Tulungagung akan memastikan seluruh Surat Keputusan (SK) Ranting sebanyak 278 lebih masih aktif atau tidak kedaluwarsa. Serta SK 19 PAC juga demikian. Karena ukuran lembaga organisasi salah satunya adalah diawali dengan SK tidak mati. 


Prioritas ketiga adalah revitalisasi budaya dan tradisi, yaitu bagaimana Aswaja An-nahdliyah bisa diterjemahkan sampai di masyarakat yang nanti melalui Majelis Dzikir Shalawat Rijalul Ansor. Keempat terkait dengan penguatan ekonomi, baik untuk anggota dan kader serta organisasi.


"Ada program magang Jepang. Kita sudah mengirimkan ada 18 orang pada tahun 2018. Pada tahun 2019 ada 89 orang yang sudah berangkat ke Jepang. Termasuk tahun 2022 ini kita juga membuka lagi saat ini sudah 200 lebih yang mendaftar," jelasnya.


Prioritas kelima terkait dengan digitalisasi kegiatan dan dakwah. Sebab menurut Syukur, sudah waktunya untuk memaksimalkan dan menguasai media atau ilmu teknologi (IT). Pihaknya mendorong semua kader anggota Ansor-Banser termasuk di ranting dan PAC semuanya untuk melek media dan IT.


"Dakwah tidak cukup dengan cara tatap muka, tetapi juga dengan cara daring," pungkasnya.


Sementara itu, Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo melalui Kepala Bagian Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kabagkesbangpol), Bambang Triono memberikan pesan moral untuk menjaga bangsa dan agama.


Organisasi kepemudaan masih menjadi garda terdepan sebagai basis dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sehingga Maryoto Birowo mengungkapkan, setelah pelantikan Ansor mampu  memberikan spirit kepemudaan di Tulungagung semakin maju dan kontribusi bagi bangsa dan agama.


"Harus bisa meneruskan tokoh GP Ansor membangun umat yang menselaraskan agama dan bangsa," ungkap Bambang.


Ia juga berpesan tentang stabilitas dan kondusifitas di wilayah berjuluk Kota Marmer ini. Bersama-sama berjuang mewujudkan hak tersebut melalui sinergitas antar pihak terkait.


Bambang juga tidak lupa memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi pengurus yang lama. Semoga jerih payahnya dalam merawat kebhinekaan menjadi amal jariyah yang tidak putus.


Menurutnya, GP Ansor yang benar-benar menjadi garda terdepan dalam mengusung semangat nasionalisme dilakukan dalam bingkai pluralisme. Sehingga menunjukkan Islam yang santun dan mudah diterima universal oleh semua lapisan masyarakat dan golongan.


"Ansor menunjukkan wajah Islam, wajah rahmatan lil alamanin, wajah baik benar dan wajah Indonesia yang ramah," tandasnya.


Editor:

Kediri Raya Terbaru