• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 1 Juli 2022

Matraman

Dema UIN Satu Tulungagung Salurkan Bantuan Langsung ke Lumajang

Dema UIN Satu Tulungagung Salurkan Bantuan Langsung ke Lumajang
Firdeva, Ketua DEMA UIN SATU Tulungagung beserta temannya menyerahkan bantuan di Ponpes Ulul Albab, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. (Foto: NOJ/Firdeva)
Firdeva, Ketua DEMA UIN SATU Tulungagung beserta temannya menyerahkan bantuan di Ponpes Ulul Albab, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. (Foto: NOJ/Firdeva)

Tulungagung, NU Online Jatim

Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah (Satu) Tulungagung mendapat dukungan penuh dari rektor untuk menyerahkan bantuan secara langsung korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang. 

 

Ketua Dema UIN Satu Tulungagung periode 2021-2022, Firdeva mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mensukseskan tugas mulianya.

 

“Dan juga kepada posko bersama Pondok Pesantren Ulul Albab Lumajangyang telah memberikan ruang seluas-luasnya untuk pengabdian kami,” ucapnya.

 

Mereka menyerahkan bantuan langsung kepada warga terdampak, Kamis (16/12/2021).

 

“Bantuan yang kami salurkan berupa uang tunai senilai Rp 13.500.000 dan beberapa peralatan rumah tangga seperti panci, sendok, hanger, dan piring,” katanya. 

 

Dirinya menjelaskan, awalnya membentuk tim relawan guna untuk turun langsung ke daerah terdampak erupsi.

 

“Sebelum berangkat kami mengadakan seleksi dan juga tes kesehatan,” jelasnya.

 

Lebih lanjut menurut Deva, ada 60 orang pendaftar dan yang diterima hanyalah 16 orang. Dirinya juga dibantu oleh Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Care dan Relawan Sosial Blitar (RESOB) terkait pelatihan juga pendampingan untuk para relawan.

 

“Kami berikan pelatihan tersebut agar para relawan tangguh dan berdiri di barisan depan untuk kemanusiaan,” tandasnya.

 

Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) itu berharap, sebagai relawan tentunya semoga keadaan segera membaik, juga tim lapangan diberi kesehatan.

 

“Serta para pengungsi selalu diberikan kesehatan, kesabaran dan ketabahan,” pungkasnya.


Matraman Terbaru