• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 26 November 2022

Tapal Kuda

GP Ansor Gelar Festival Hadrah Meriahkan Hari Jadi Kota Probolinggo

GP Ansor Gelar Festival Hadrah Meriahkan Hari Jadi Kota Probolinggo
Festival Hadrah yang digelar PC GP Ansor Kota Probolinggo. (Foto: NOJ/ Ade Nurwahyudi)
Festival Hadrah yang digelar PC GP Ansor Kota Probolinggo. (Foto: NOJ/ Ade Nurwahyudi)

Probolinggo, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Probolinggo menggelar Festival Hadrah se-Kota Probolinggo. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Probolinggo (Hadipro) ke-663 tahun.


Kegiatan tersebut dikuti 29 grup hadrah perwakilan dari Pimpinan Ranting (PR) GP Ansor se-Kota Probolinggo. Adapun lokasi Festival Hadrah tersebut dipusatkan di Stadion Bayuangga Kota Probolinggo, Kamis (08/09/2022).


“Festival hadrah ini kita laksanakan untuk memompa spirit sahabat-sahabat Ansor, khususnya di tingkat Pimpinan Ranting, untuk semakin menggairahkan semangat untuk bershalawat,” ujar Abdul Mujib, Ketua PC GP Ansor Kota Probolinggo.


Dirinya mengatakan, dalam agenda pihaknya diminta untuk terlibat dan memeriahkan salah satu di antara ragam kegiatan peringatan Hari Jadi Kota Probolinggo. Untuk itu, dirinya pun menginisiasi digelarnya Festival Hadrah tersebut.


"Alhamdulillah, kegiatan ini mendapat respons cukup baik dari kader Ansor di akar rumput. Hal itu dibuktikan dengan keikutsertaan 29 perwakilan Pimpinan Ranting dalam lomba tersebut,” ungkapnya.


Disebutkan, festival hadrah tersebut dilaksanakan sebagai harapan untuk memacu kader Ansor agar turut serta melestarikan kesenian hadrah. “Karena hadrah ini merupakan kesenian Islam yang didalamnya berisi shalawat kepada Nabi Muhammad SAW," katanya.


“Semoga dengan kegiatan ini dapat menambah ghirah kader Ansor dalam membangkitkan kesenian hadrah di daerah masing-masing,” imbuh Abdul Mujib.


Ia menyampaikan, pihaknya telah menyediakan total hadiah jutaan bagi peserta yang berhasil memenangkan festival hadrah tersebut. Dikatakan, nantinya akan dipilih enam grup hadrah terbaik sebagai juara dan harapan.


“Kami juga akan memberikan penghargaan khusus bagi grup hadrah dengan kategori lagu khas terbaik,” pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru