• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 Agustus 2022

Tapal Kuda

Pemain Nurul Jadid Top Skor, Dari Zainul Hasan Terbaik Liga Santri Probolinggo

Pemain Nurul Jadid Top Skor, Dari Zainul Hasan Terbaik Liga Santri Probolinggo
Pertandingan antara Tim Nurul Jadid melawan Tim Zainul Hasan saat Laga final Piala Kasad Liga Santri 2022 di Probolinggo. (Foto: NOJ/ Faisol)
Pertandingan antara Tim Nurul Jadid melawan Tim Zainul Hasan saat Laga final Piala Kasad Liga Santri 2022 di Probolinggo. (Foto: NOJ/ Faisol)

Probolinggo, NU Online Jatim

Persatuan Sepak Bola Nurul Jadid (PSSNJ) Paiton dinobatkan sebagai tim paling produktif dalam gelaran Piala Kasad Liga Santri Tahun 2022 di Probolinggo. Tim Nurul Jadid mencetak total 46 gol dalam semua laga yang dijalani selama kompetisi tersebut berlangsung.


Tim Nurul Jadid hanya kebobolan tiga gol dalam drama adu penalti di laga final melawan tim Zainul Hasan Football Club (Zaha FC).


Muhammad Iqbal striker PSSNJ dinobatkan sebagai top skor Piala Kasad Liga Santri 2022 di Probolinggo kali ini. Pemain dengan nomor punggung 29 ini mencetak 25 gol ke gawang lawan.


Adapun predikat pemain terbaik diraih penjaga gawang Zaha FC yang tampil cemerlang di bawah mistar gawang. Bahkan  pada laga final berhasil mematahkan peluang emas yang dimiliki PSSNJ.


Pelatih PSSNJ Firman Prasetyo mengatakan, persiapan timnya sudah berlangsung lebih dari tiga bulan meski sempat terhenti karena liburan santri dan bulan Ramadhan.


"Setelah para santri kembali (ke pondok) kami mengelar latihan lagi kira-kira sekitar satu bulan untuk persiapan liga santri ini," ujarnya kepada NU Online Jatim.


Lebih lanjut ia menyampaikan, santri yang terlibat dalam pertandingan ini sudah diseleksi. Mereka mayoritas siswa Madrasah Aliyah (MA). Sedangkan yang masih Sekolah Menengah Pertama (SMP) tidak banyak. 


"Untuk liga santri kali ini didominasi oleh MA yakni kelas X, XI, XII," ujarnya.


Selama fase grup liga santri, Nurul Jadid menang 15-0 dari tim Pondok Pesantren Bani Rancang. Kemudian menang 13-0 melawan tim Pondok Pesantren As-Sulton, dan menang 15-0 atas tim Pondok Pesantren Nurul Qodim.


Di semifinal, Nurul Jadid yang juara grup B bertemu dengan runner up grup A yaitu tim Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin. Dalam laga ini, Nurul Jadid menang 3-0.


Sedangkan Zaha FC yang menjadi runner up Liga Santri 2022 Probolinggo di fase grup menang 4-0 melawan tim Riyadlus Sholihin. Kemudian menang 1-0 atas Pondok Pesantren Ad-Dasuqi dan tim Pondok Pesantren An-nur.


Saat semifinal, Zaha FC yang juara grup A bertemu dengan runner up grup B yaitu tim Pondok Pesantren Nurul Qodim. Kala itu, Zaha FC menang 4-0.


Di laga final, tim Nurul Jadid bertemu dengan tim Zaha FC. Laga final digelar di Stadion Bayuangga pada Selasa (28/06/2022) Kota Probolinggo.


Adapun penentuan pemenag di partai puncak dijalani dengan adu penalti. Kedua kesebelasan bermain imbang tanpa gol selama waktu normal hingga perpanjangan waktu. Hasilnya, Tim Nurul Jadid berhasil menjadi juara Piala Kasad Liga Santri 2022 Probolinggo dengan skor 4-3.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru