• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Matraman

Kader GP Ansor Wajib Teladani Nilai-nilai Pancasila

Kader GP Ansor Wajib Teladani Nilai-nilai Pancasila
Hari Kesaktian Pancasila. (Foto: NOJ/Zen)
Hari Kesaktian Pancasila. (Foto: NOJ/Zen)

Ponorogo, NU Online Jatim

Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober diperingati untuk mengenang tujuh anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) yang tewas di Pondok Gede, Jakarta Timur atau dikenal dengan Lubang Buaya pada 30 September 1965.
 

Di hari peringatan itu, Gerakan Pemuda (GP) Ansor sebagai kader NU memiliki kewajiban untuk meneladani para ulama dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila. Hal itu dikatakan Muhammad Ilham, Ketua GP Ansor Ponorogo kepada NU Online Jatim, Sabtu (01/10/2022). 

 

"Pancasila sudah paling sesuai untuk NKRI. Karena sudah sepaket dengan agama. Jadi hubbul wathan minal iman, yang artinya cinta tanah air sebagian dari iman," katanya. 

 

Untuk itu, dalam tugas-tugas nyata kader GP Ansor haruslah tampil sebagai pribadi yang siap membantu dan memberi layanan nyata kepada masyarakat. Tidak boleh berpangku tangan dalam realitas sosial, ekonomi, budaya, pendidikan termasuk juga urusan politik.

 

"Seluruhnya dalam skema besar mengejawantahan tugas GP Ansor sebagai benteng ulama dan kader bangsa. Tentu di bawah bimbingan para kiai dan ulama," tuturnya. 

 

Kang Ilham sapaannya akrabnya menambahkan dan mengajak seluruh kader GP Ansor Ponorogo turut mendoakan pahlawan revolusi dan kiai NU yang juga turut menjadi korban G30S/PKI. 

 

"Mari kita doakan para pahlawan, pejuang yang menjadi korban penumpasan PKI," pungkasnya. 


Matraman Terbaru