• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Maret 2024

Malang Raya

Dua Menteri RI Resmikan Ground Breaking Kampus 3 UIN Malang

Dua Menteri RI Resmikan Ground Breaking Kampus 3 UIN Malang
Peresmian Ground Breaking Kampus 3 UIN Malang oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Agama Gus Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: NOJ/ Humas UIN Malang)
Peresmian Ground Breaking Kampus 3 UIN Malang oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Agama Gus Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: NOJ/ Humas UIN Malang)

Malang, NU Online Jatim

Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Agama Gus Yaqut Cholil Qoumas hadir dalam Ground Breaking Ceremony di kampus 3 Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Momen ini merupakan peresmian pembangunan gedung tahap 2 di kampus 3 UIN Malang di Junrejo, Kota Batu, Ahad (22/01/2023).


Gedung megah yang pengerjaannya menelan biaya hampir Rp1 triliun nantinya akan menjadi bangunan dengan bentuk lafadz Bismillahirrahmanirrahim dilihat dari sisi atas. Di gedung ini akan terdiri dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Farmasi, Fakultas Teknik, Data Center dan Pusat Penelitian, Asrama Putra, dan Pusat Kajian Islam (Islami Tutorial Center).


Kehadiran dua menteri kali ini menjadi momentum berharga dalam Ground Breaking Ceremony yang sekaligus dilakukan penandatanganan prasasti dan pelepasan burung merpati sebagai tanda kedamaian.


Dalam kesempatan itu, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani berharap kampus 3 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini bisa menjadi Universitas terbaik di dunia.


"Kita harap ini akan membuat UIN Malang akan menjadi World Class University yang tidak hanya berfikir lokal atau nasional, tapi ambisinya kelas dunia. Itu bisa dilaksanakan," kata Sri Mulyani.


Dengan anggaran yang memang tak sedikit, Sri Mulyani berpesan agar pengelolaan dana untuk pembangunan Kampus 3 UIN Malang ini tak diciderai dengan adanya korupsi.


Sementara itu, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi Rektor dan jajaran sivitas akademika UIN Malang atas dimulainya proyek pembangunan Kampus 3 tahap II ini.


"UIN Malang ini harus menjadi universitas kelas dunia. Saya yakin di bawah kepemimpinan Prof Zainuddin dan seluruh sivitas akademika UIN Malang, World Class University dapat dicapai," ungkap Gus Yaqut.


Di sisi lain, Rektor UIN Malang Prof Dr Zainuddin MA menjelaskan, estimasi pembiayaan pengembangan kampus 3 memakan biaya sebesar Rp840 miliar dan Rp140 miliar. Adapun sumber dana dari Saudi Fund for Development (SFD) dan kerja sama Pemerintah Republik Indonesia dengan luas bangunan kurang lebih 54.827 m2.


“Luas tersebut dari total tanah 120 hektar yang terletak di Jalan Locari, Krajan, Tlekung, Junrejo, Kota Batu. Salah satu bangunan yang penting adalah Ma’had. Ma’had ini akan menampung sekitar 7 ribu mahasiswa,” tandasnya.


Malang Raya Terbaru