• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 30 Januari 2023

Tapal Kuda

Gus Yaqut: Indonesia Kuat Karena Keberagaman

Gus Yaqut: Indonesia Kuat Karena Keberagaman
Ketua Umum PP GP Ansor H Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)
Ketua Umum PP GP Ansor H Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim
Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor H Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut mengatakan, bahwa Indonesia bisa berdiri tegak dan kuat hingga saat ini karena kaya dengan keberagamaan dan perbedaan, baik suku, bahasa dan agama yang diakui oleh negara lain.


“Perbedaan dan keberagaman ini yang membuat Indonesia kuat hingga saat ini,” ujarnya saat Jambore Kemah Bakti Pemuda Lintas Agama. Kegiatan bertajuk ‘Menyatukan Keberagaman Umat untuk Kemaslahatan’ dipusatkan di Lapangan Ledug Kecamatan Tosari, Pasuruan, Kamis-Sabtu (16-18/06/2022).


Menteri Agama Republik Indonesia itu menyebutkan, jika ada kelompok-kelompok yang menawarkan konsep negara Islam atau yang dikenal dengan khilafah, maka senyatanya kelompok tersebut menginginkan Indonesia rusak.


“Jika ada kelompok kelompok yang menawarkan konsep khilafah, maka kalian semua harus berada di garis terdepan untuk melawan kelompok ini,” tegasnya.


Dirinya menegaskan, Indonesia adalah milik bersama. Bila ada gerakan dan upaya menginjak harga diri bangsa dan merongrong NKRI, maka seluruh pemuda harus berada di depan menjadi penghalaunya.


“Baik itu pemuda Katolik, Hindu, Budha, Kristen, Konghucu, semua harus berada di depan untuk melawan mereka,” imbuh Gus Yaqut.


Menurutnya, Indonesia niscaya tidak akan ada bila tidak ada keberagaman suku, agama dan budaya. Untuk itu, pihaknya mewanti-wanti bahwa Indonesia adalah harga diri bersama. “Jika Indonesia di injak-injak, maka kita sebagai pemuda wajib menjaga dan mempertahankannya sebagaimana yang dilakukan nenek moyang dahulu,” ujarnya.


Dirinya pun mengapresiasi kegiatan Jambore Kemah Bakti Pemuda Lintas Agama itu. Menurutnya, untuk memperkuat keindonesiaan kegiatan ini ke depan akan menjadi resonansi nasional dan dilaksanakan secara menyeluruh di tanah air.


“Saat ini kita menguatkan gandengan tangan kita di Pasuruan. Ke depan, kemah bakti pemuda lintas agama ini akan kita laksanakan di tingkat provinsi dan di tingkat nasional,” pungkasnya.


Diketahui, dalam sambutan arahan sekaligus membuka kegiatan tersebut, Gus Yaqut didampingi oleh Kepala Satuan Koordinasi Nasional (Kasatkornas) Banser Hasan Basri Sagala dan Kasatkorwil Banser Jatim H Irsyad Yusuf. Hadir pula dalam kegiatan itu Ketua Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jatim HM Syafiq Syauqi dan Sekretaris M Hasan Bisri.


Tapal Kuda Terbaru