• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 24 April 2024

Malang Raya

HUT Baznas, Sekda Kota Malang Beri Penguatan Pentingnya Zakat

HUT Baznas, Sekda Kota Malang Beri Penguatan Pentingnya Zakat
Penyerahan sejumlah bantuan dalam rangka HUT ke-22 Baznas Kota Malang di Masjid Baiturrahim, Balai Kota Malang, Kamis (19/01/2023). (Foto: NOJ/Moch. Miftachur Rizki)
Penyerahan sejumlah bantuan dalam rangka HUT ke-22 Baznas Kota Malang di Masjid Baiturrahim, Balai Kota Malang, Kamis (19/01/2023). (Foto: NOJ/Moch. Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Malang menyerahkan zakat secara simbolis kepada beberapa Mustahik.


Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22 Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Malang di Masjid Baiturrahim, Balai Kota Malang, Kamis (19/01/2023).


Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Erik Setyo Santoso dalam kesempatan ini mengimbau secara khusus kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kota  Malang untuk menyalurkan Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) melalui Baznas Kota Malang.


“Kita ingin semakin menguatkan di momen ulang tahun Baznas ini,” katanya.


Tentunya ada banyak hal yang masih ia ingin kembangkan. Terbukti, Baznas menjadi mitra efektif bagi Pemkot Malang dalam penanganan beragama problem masyarakat dan pembangunan. Ia juga berharap momentum HUT Baznas ke-22 dapat semakin menumbuhkan semangat berbagi dan semangat menyalurkan zakat.


"Karena zakat dan shalat itu kewajiban, sehingga jangan sampai kendor. Semangat berbaginya harus terus,” terangnya.


Sementara itu, Ketua Baznas Kota Malang, Sulaiman menyampaikan bahwa dalam kesempatan tersebut pihaknya menyalurkan zakat kepada perwakilan mustahiq yang diwakili Mitra Baznas atau Muzakki.


"Hari ini kami mengawali tahun dengan menyalurkan zakat berupa bedah rumah, pemberian oksigen, pembuangan masjid, dan lain sebagainya. Di awal tahun ini kami menyalurkan sekitar 142 juta," tuturnya.


Sulaiman juga menjelaskan bahwa pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat agar dapat menyalurkan ZIS melalui Baznas Kota Malang dengan memanfaatkan website maupun media sosial yang ada.


"Kita sudah lakukan menggunakan teknologi, baik instagram, website, ataupun sosial media yang kita miliki. Kita sampaikan apa yang kita lakukan di tiap bulannya, guna untuk memberikan gambaran bahwa kita terbuka. Siapapun boleh melihat dan boleh menanyakan dalam pengelolaannya," tandasnya.


Senada, Wakil Ketua Umum MUI Kota Malang sekaligus Rais Syuriyah PCNU Kota Malang, KH. Chamzawi dalam kesempatan ini menyampaikan pesan bahwa salah satu sarana hubungan dengan manusia yakni menunaikan zakat.


“Sejatinya dalam Islam diajarkan Hablum Minallah dan Hablum Minannas harus dijalankan seiring sejalan,” tambahnya.


Sebagai informasi, dalam kegiatan ini juga turut dihadiri Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Malang, Kasuwi Syaiban, dan lain sebagainya.


Malang Raya Terbaru