• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Matraman

Pengurus Baznas dan DMI Ponorogo Resmi Dilantik, Ini Harapan Bupati

Pengurus Baznas dan DMI Ponorogo Resmi Dilantik, Ini Harapan Bupati
Para pengurus Baznas Ponorogo usai pelantikan. (Foto: NOJ/ Zen Muhammad).
Para pengurus Baznas Ponorogo usai pelantikan. (Foto: NOJ/ Zen Muhammad).

Ponorogo, NU Online Jatim

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Ponorogo masa bakti 2021 – 2026 resmi dilantik, Kamis (28/10). Kegiatan yang digelar di Gedung Sasana Praja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo itu juga dilangsungkan pelantikan Pengurus Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) setempat.

 

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko berharap Baznas dan DMI setempat bekerja sama dengan semangat susai dengan aturan yang ada. "Baznas tidak boleh dititipi paham-paham yang tidak benar, sehingga harus NKRI," katanya.

 

Kang Giri juga menegaskan bahwa Baznas tidak boleh keluar dari visi misi Kabupaten Ponorogo, yaitu masyarakat yang sejahtera, menghilangkan kemiskinan dan kebodohan.

 

"Jadi tidak boleh keluar dari itu, sehingga kami mengimbau kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah saatnya membayar zakat, ya sudahlah berzakatlah, ini zakat untuk kemakmuran bersama-sama," tegasnya.

 

Senada dengan Kang Giri, Ketua Baznas Kabupaten Ponorogo KH. Kholid Ali Husni menyampaikan, pihaknya akan melakukan optimalisasi pengumpulan zakat dan pendistribusian yang aman secara syar'i serta regulasi. Apalagi dengan spirit pelantikan yang bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda.

 

"Semoga Baznas Kabupaten Ponorogo bisa lebih bekerja secara maksimal, dan bisa memberikan kontribusi kepada umat. Utamanya rakyat yang ada di Kabupaten Ponorogo," ucap Gus Kholid yang juga Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Ponorogo itu.

 

Sementara itu, KH Muhammad Roziqi, Ketua DMI sekaligus Baznas Jawa Timur berpesan agar lembaga di bawahnya itu bekerja sama dengan Pemkab Ponorogo supaya masyarakat sejahtera lahir dan batin.

 

"Semoga pimpinan DMI dan Baznas Ponorogo mendapatkan pertolongan, mendapatkan kekuatan, dalam mengemban amanah yang sebaik-baiknya dari Allah SWT," pungkasnya.

 

Dalam pelantikan BAZNAS dan DMI Kabupaten Ponorogo juga dihadiri Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita, Ketua DPRD Ponorogo Sunarto, dan Kapolres Ponorogo AKBP Catur Cahyono Wibowo.

 

Hadir pula Plt Ketua PN Ponorogo Wiyanto, Kajari Ponorogo Rindang Onasis, Perwakilan Komandan Kodim 0802/Ponorogo, Sekdakab Ponorogo Agus Pramomo, Ketua MUI Kabupaten Ponorogo Anshor M Rusydi, Kepala OPD dan Camat se-Kabupaten Ponorogo.

 

Selain acara inti, pada pelantikan Baznas dan DMI Ponorogo juga dilakukan penyerahan penghargaan dan uang pembinaan kepada juara lomba MTQ Kecamatan Tahun 2021 oleh Bupati Ponorogo.

 

Kemudian penyerahan bantuan 1.000 kilogram beras dari BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat tidak mampu di Ponorogo melalui Baznas.

 

 

Selanjutnya ada penyerahan santunan kepada peserta yang tertimpa musibah. Selain itu ada pula penyerahan jaminan kepada GTT/PTT yang meninggal dunia. Serta Penyerahan 1.600 paket tambahan gizi santri dari Baznas Ponorogo.


Editor:

Matraman Terbaru