• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Madura

Khitanan Massal, Klinik NU di Sumenep Gandeng Baznas dan Prisma

Khitanan Massal, Klinik NU di Sumenep Gandeng Baznas dan Prisma
Pembukaan kegiatann Khitanan Massal Gratis yang dilakukan Klinik NU Pragaan Sumenep dengan menggandeng Baznas dan Prisma. (Foto: NOJ/ Firdausi)
Pembukaan kegiatann Khitanan Massal Gratis yang dilakukan Klinik NU Pragaan Sumenep dengan menggandeng Baznas dan Prisma. (Foto: NOJ/ Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim

Klinik NU Pragaan Sumenep menggelar khitanan massal gratis dengan menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumenep, Persatuan Alumni Mambaul Ulum (PRISMA) Bluto, dan Pemerintah Desa (Pemdes) setempat. Kegiatan yang mengusung tema ‘Kerja Bersama Terangi Indonesia dan Menebar Kepedulian kepada Umat’ ini dipusatkan di Balai Desa Pakandangan Tengah, Bluto, Sumenep, Rabu (20/10).

 

Sekretaris Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Pragaan, Gus Mufti Ali menyatakan, ada 50 anak yang disunat oleh tenaga medis Klinik NU Pragaan. Kesemuanya merupakan anak yatim dhuafa yang tersebar di Kecamatan Bluto dan Pragaan.

 

“Untuk mereka yang berasal dari Kecamatan Bluto, tersebar Desa Aeng Baja Kenek, Errabu, Kapedi, Pakandangan Sangrah, Pakandangan Barat, dan Palongan,” terangnya.

 

Sebelum dilakukan khitan massal gratis, panitia pelaksana terlebih dahulu menyebarkan pamflet kegiatan sebagai bentuk informasi kepada warga. Warga yang berminat kemudian mendaftar dan didata oleh panitia.

 

Lora muda yang juga Sekretaris Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Pragaan tersebut mengutarakan, ada tiga petugas medis dari Klinik NU Pragaan yang diterjunkan ke lapangan. Sedangkan pengurus LKNU ikut mendampingi saat proses khitan massal.

 

“Untuk peralatan medis dan obat-obatan, Klinik NU yang menyediakannya. Pihak BAZNAS dan Prisma hanya menyediakan bingkisan untuk anak-anak,” tandasnya.


Madura Terbaru