• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 26 Juni 2022

Malang Raya

Jelang Konfercab, Ketua PCNU Malang Pertegas Peran Strategis NU

Jelang Konfercab, Ketua PCNU Malang Pertegas Peran Strategis NU
Ketua PCNU Kota Malang, KH Isroqunnajah. (Foto: NOJ/Hilya)
Ketua PCNU Kota Malang, KH Isroqunnajah. (Foto: NOJ/Hilya)

Malang, NU Online Jatim

Perhelatan Konferensi Cabang (Konfercab) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Malang tinggal menunggu hitungan waktu. Beberapa agenda pra-Konfercab mulai diselenggarakan, di antaranya adalah Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) bertajuk 'Peluang Strategis Mendorong Pertumbuhan Ekonomi' yang dihelat di Hotel Pelangi Kota Malang pada, Ahad (12/12/2021).

 

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Malang, KH Isroqunnajah menyampaikan bahwa menuju satu abad perjalanan NU tidak boleh dipahami hanya sebagai seremonial atau romantisme belaka.

 

"Peran NU ditunggu peradaban dunia. Oleh sebab itu perlu evaluasi dan gerakan yang nyata dari semua elemen termasuk di luar NU sekalipun seperti pemerintah," jelas Gus Is, sapaan akrabnya.

 

Misi utama NU, lanjutnya tak lain adalah mensyiarkan Islam yang rahmatan lil 'alamin, moderat dan merangkul semua kalangan. Di samping itu, NU memiliki peluang besar memberikan peran yang signifikan atas perjalanan anak bangsa menghadapi tuntutan dunia ke depan.

 

"Tentu kita membutuhkan tokoh yang tidak hanya sanggup memikul amanah namun juga mampu memproyeksikannya," lanjut Gus Is.

 

Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Huda, Kota Malang tersebut juga menyebutkan peran besar NU dalam upaya meningkatkan perekonomian umat melalui pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui pelatihan, pendampingan dan pelayanan lain baik untuk masyarakat umum maupun program wirausaha di pesantren.

 

"Sesuai dengan tema Muskercab ini, bila implementasinya diidealkan di tiap ranting dan anak cabang, maka sesungguhnya kebesaran NU akan menjadi salah satu senjata kita," tambah Gus Is.

 

Dirinya berharap siapapun nantinya para penerus estafet kepemimpinan NU Kota Malang, dapat merealisasikan dan melanjutkan perjuangan untuk kemaslahatan bangsa dan negara.


Malang Raya Terbaru