• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 29 Januari 2022

Malang Raya

LAZISNU di Malang Distribusikan Ribuan Barang ke Korban Erupsi

LAZISNU di Malang Distribusikan Ribuan Barang ke Korban Erupsi
Salah satu pengurus LAZISNU Kecamatan Lowokwaru mengangkat bantuan. (Foto: NOJ/Dokumen LAZISNU)
Salah satu pengurus LAZISNU Kecamatan Lowokwaru mengangkat bantuan. (Foto: NOJ/Dokumen LAZISNU)

Malang, NU Online Jatim
NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang menyalurkan ribuan barang untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat dan anak-anak korban erupsi Gunung Semeru.

 

Ketua NU Care-LAZISNU Kecamatan Lowokwaru, Miftahul Arifin menjelaskan donasi ini dikumpulkan sejak 5 Desember 2021. Diberikan dalam bentuk barang berupa terpal, sembako, popok bayi, pembalut, masker, detergen, sabun, sandal, hingga sepatu.

 

"Sementara untuk donasi uang sampai tanggal 7 Desember 2021 terkumpul sebanyak Rp 14.558.200. Uang tersebut langsung diserahkan ke korban atau warga terdampak di Pronojiwo dan sekitarnya," kata Miftahul Arifin dalam keterangan resminya, Selasa (07/12/2021).

 

Pihaknya berharap, bantuan bencana ini dapat sedikit terbantu dan bisa meringankan beban yang dialami dari korban yang terdampak. 

 

"Kami juga mengucapkan ribuan terima kasih kepada donatur yang sudah menyalurkan bantuan ke LAZISNU," terangnya.

 

Senada, Bendahara LAZISNU Lowokwaru, David Rahmat Hakiki mengatakan ribuan pampers yang disalurkan merupakan spontanitas dari PT KAO. Karena secara tiba-tiba ikut mendukung, sebab produk perusahaan tersebut sejenis pampers, pembalut, sabun cuci.

 

"Kita terima bantuan mereka dan didistribusikan kesana," jelas David.

 

Selain itu, sesuai rekomendasi NU Care-LAZISNU Jawa Timur untuk bisa mengawal perbaikan pasca erupsi. Sebab, warga juga mempunyai hak tempat tinggal yang layak serta fasilitas umum seperti masjid dan madrasah, maka harus diperhatikan bersama.

 

"Selama satu sampai dua minggu ke depan donasi sudah bisa bertambah dan segera disalurkan untuk pemulihan," tandas pria yang bekerja di salah satu media cetak ternama di Kota Malang itu.

 

Sebelumnya, Sekretaris NU Care-LAZISNU Jawa Timur, Rofi'i Boenawi mengungkapkan pada hari Senin (06/12/20212021) ia terjun langsung ke lokasi bencana untuk melihat bantuan yang sudah terdistribusi.

 

Dirinya melaporkan bantuan sembako dan makanan pokok sudah melimpah. Semua ikut membantu, baik pemerintah, lembaga-lembaga juga sudah turun semua. Donatur yang ingin menggalang bantuan harus berkoordinasi dengan tim relawan.

 

"Sehingga kebutuhan makanan pokok suda terpenuhi, termasuk makanan cepat saji, dapur umum sudah terpenuhi," terang Rofi'i.

 

Ia menambahkan,  setelah melihat dan mengamati di sekitar wilayah terdampak yaitu merekomendasikan untuk Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) atau Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) untuk memberikan pengobatan gratis dan pemeriksaan kesehatan.

 

"Teman-teman di PC bisa membantu dari sisi kesehatan," ungkapnya.

 

Rofi'i melanjutkan, rekomendasi yang lain berupa harus adanya menghilangkan trauma. Khusunya anak-anak yang mengalami musibah, pasti membuat hati dan ingatannya masih was-was dan bahkan takut.

 

"Banyak anak kecil trauma dengan kejadian ini, sehingga perlu ada pendampingan psikologi dari teman-teman LKNU atau PDNU atau dari manapun," tutupnya.


Malang Raya Terbaru