• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Malang Raya

Idarah Kota Malang Dikukuhkan, Thariqah Kunci Ketenangan Jiwa

Idarah Kota Malang Dikukuhkan, Thariqah Kunci Ketenangan Jiwa
Idarah Syu'biyah JATMAN Kota Malang resmi dikukuhkan. (Foto: NOJ/MJ)
Idarah Syu'biyah JATMAN Kota Malang resmi dikukuhkan. (Foto: NOJ/MJ)

Malang, NU Online Jatim

Thariqah merupakan jalan bagi murid untuk mencari ketenangan batin di tengah hiruk pikuknya dunia. Hal tersebut disampaikan oleh Rais Idarah Wustha Jamaah Ahli Thariqah al-Mu’tabaroh an-Nahdliyyah ​​(JATMAN) Jawa Timur, KH Ngadiyin Anwar.

 

Fakta di lapangan, bahwa semakin dunia maju, thariqah menjadi pilihan yang dicari. Tidak jarang kalangan muda sudah ikut berbaiat dalam satu thariqah yang sudah diakui (mu'tabarah).

 

"Thariqah memiliki satu kunci untuk ketenangan jiwa. Sedangkan ketenangan dalam diri seseorang, ketenangan jiwa saat ini semakin dibutuhkan di tengah-tengah kehidupan yang semakin maju," kata KH Ngadiyin Anwar, dalam acara Maulid Nabi dan haul Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani, Ahad (29/11/2021).

 

Bertempat di Pondok Pesantren Miftahul Huda (PPMH) Gading Kota Malang, KH Ngadiyin Anwar berpesan kepada Idarah Syu'biyah JATMAN Kota Malang yang baru dikukuhkan bahwa keberadaan thariqah dari ilmu tasawuf harus diaplikasikan secara nyata di tengah-tengah masyarakat semakin maju dengan berbagai macam problematika kehidupan semakin kompleks.

 

Selanjutnya, prediksi yang salah dengan mengatakan jangan bangga dengan thariqah, karena nanti kalau dunia sudah modern, bangsa sudah maju, maka thariqah akan ditinggalkan oleh orang banyak.

 

"Itu prediksi yang tidak tepat muncul di tengah tengah masyarakat. Tidak boleh khawatir, meskipun Gading ini Thariqah Qadiriyah wa Naqsabandiyah  di sini berada di tengah-tengah komunitas masyarakat yang pola hidupnya semakin modern, tidak usah khawatir kalau tidak akan dibutuhkan. Justru sebaliknya kiai-kiai thariqah justru kewalahan untuk melayani," imbuhnya.

 

Kiai Ngadiyin juga mendoakan seluruh para kiai yang telah dilantik dan dikukuhkan.

 

"Mudah-mudahan Allah senantiasa selalu memberikan bimbingan, pertolongan, dan kekuatan untuk menjalankan tugas yang sebaik-baiknya," pungkasnya.


Malang Raya Terbaru