• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 7 Desember 2022

Malang Raya

Kekaguman Wakil Ketua DPR-RI terhadap Pondok Modern Al Rifa'ie 02 Malang

Kekaguman Wakil Ketua DPR-RI terhadap Pondok Modern Al Rifa'ie 02 Malang
Gus H. Abdul Muhaimin Iskandar menyapa Santri - Santri Pondok Modern Al Rifa'ie 02 Gondanglegi, Jum'at (18/03/2022). (NOJ/Moch. Miftachur Rizki)
Gus H. Abdul Muhaimin Iskandar menyapa Santri - Santri Pondok Modern Al Rifa'ie 02 Gondanglegi, Jum'at (18/03/2022). (NOJ/Moch. Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim
Wakil Ketua DPR RI Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra), H Abdul Muhaimin Iskandar bersama tokoh agama se - Malang Raya beserta santri menggelar silaturahim di Pondok Modern Al Rifa'ie 2, Gondanglegi, Kabupaten Malang, Jumat (18/03/2022). Dalam kesempatan itu, Gus Muhaimin menyampaikan kebanggaannya terhadap Pondok Modern Al-Rifa’ie.
 

"Anak-anak yang saya cintai, semoga semuanya selalu diberikan kesehatan dan terus semangat untuk belajar. Perlu saya sampaikan, bahwa saya bangga dengan Al Rifa'ie yang dari depan terlihat sangat megah, kayak bukan pondok NU, tetapi khas Pondok Timur Tengah," tutur Gus Muhaimin.
 

Menurutnya, Pondok Modern Al Rifa'ie 02 merupakan Lirboyo minded. "Ini yang kami harapkan, pesantren berbasis kurikulum tetapi tetap canggih mengikuti perkembangan zaman. Apalagi Kiai Muflih menyampaikan jika ingin membangun Al Rifa'ie Hospital," imbuhnya.
 

Gus Muhaimin juga bersyukur dengan adanya Pondok Modern Al Rifa'ie 02 yang berdiri sangat istimewa.
 

"Saya bersyukur, semoga pesantren ini tambah maju, manfaat, dan barokah. Serta dapat melahirkan pemimpin masa depan yang canggih dan ahli - ahli yang bisa menyelesaikan permasalahan bangsa dan agama," paparnya.
 

Ia berpesan kepada seluruh santri Pondok Modern Al Rifa'ie 02 untuk terus mempersiapkan diri dengan baik, agar siap terjun dalam masyarakat. Serta para santri mengerti betul bangsanya, lingkungannya, pesantrennya, dan lainnya.
 

"Kalian harus disiplin, sungguh-sungguh, serta harus betul-betul memanfaatkan waktu yang terbatas ini untuk menggembleng ilmu. Karena orang berkualitas tidak akan bisa ditutup di mana pun, karena orang berilmu akan selalu dibutuhkan," pungkasnya.
 

Sementara itu, pengasuh Pondok Modern Al Rifa'ie 02 Gondanglegi, KH Achmad Muflih Zamachsyari, menceritakan bahwa dirinya merupakan alumni Pondok Pesantren Lirboyo Kediri.
 

"Kami alumni Lirboyo, salah satu guru kami yang saya ingat dawuh nya yaitu KH Ahmad Idris Marzuqi, KH Muhammad Anwar Manshur, dan KH M Abdul Aziz Manshur," kata KH Achmad Muflih Zamachsyari.
 

Ia menjelaskan 3 guru yang terkenang tersebut merupakan sosok yang mengajarkan ilmu tasawuf.
 

"Beliau mengajarkan kepada kami ilmu tasawuf yaitu Mauidhotul Mukminin, dengan gamblang dan keterangan yang sangat menyentuh hati," tambahnya.
 

Kiai Muflih juga menceritakan bahwa pondok pesantrennya didirikan oleh ayahandanya ketika tahun 1999.
 

"Kemudian, kami mengembangkan lagi menjadi Pondok Al Rifa'ie 02 di tahun 2012. Alhamdulillah saat ini kita sudah memiliki santri sejumlah 4.000 santri," tandasnya.
 

 

Berbagai jenjang pendidikan sudah didirikan di Pondok Modern Al Rifa'ie 02 mulai dari sekolah dasar hingga sekolah tinggi atau universitas. Kendati demikian, Kiai Muflih, ingin melengkapi fasilitas di pondoknya dengan rumah sakit.
 

"Insyaallah rencana jika ditakdirkan nanti, kami akan melengkapi dengan mendirikan Al Rifa'ie Hospital," harapnya.


Editor:

Malang Raya Terbaru