• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Malang Raya

Presiden Jokowi Tinjau Stadion Kanjuruhan, Sampaikan Hal Ini

Presiden Jokowi Tinjau Stadion Kanjuruhan, Sampaikan Hal Ini
Presiden RI, Joko Widodo secara langsung meninjau Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Rabu (05/10/2022) sore. (NOJ/ Moch Miftachur Rizki)
Presiden RI, Joko Widodo secara langsung meninjau Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Rabu (05/10/2022) sore. (NOJ/ Moch Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim 

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) meninjau Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Rabu (05/10/2022) sore. Dalam kunjungan itu, Jokowi menyampaikan tiga hal penting.


"Hari ini saya datang ke sini, Stadion Kanjuruhan untuk mendapatkan gambaran lapangan tentang peristiwa tanggal 1 Oktober malam, di sini," kata Jokowi saat konferensi pers di Lobby Stadion Kanjuruhan.


Ia menyampaikan, pihaknya sudah memberikan mandat kepada Tim Gabungan Pencari Fakta yang dipimpin Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam), Mahfud MD. 


"Kita harap tim gabungan independen pencari fakta segera bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik. Sehingga kita tahu detail penyebab utama dari tragedi tanggal 1 Oktober di Stadion Kanjuruhan malam tersebut," tambahnya.


Jokowi juga menjelaskan bahwa pihaknya telah memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono untuk melakukan audit bangunan Stadion Kanjuruhan.


"Selain itu, Kementerian PU juga saya perintahkan untuk melakukan audit bangunan terhadap seluruh stadion yang dipakai, baik untuk Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Untuk memperbaiki, baik itu pintu gerbang, posisi duduk, pagar, dan lainnya, agar keselamatan penonton, keselamatan suporter yang ingin kita utamakan," terangnya.


Sebagai informasi dalam kunjungan ini turut hadir mendampingi diantaranya Menko Polhukam, Mahfud MD, Menko PMK, Muhadjir Effendy, Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Jawa Timur, Hj Khofifah Indar Parawansa, Bupati Malang, H. M. Sanusi, Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, dan lain sebagainya.


Editor:

Malang Raya Terbaru