• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Malang Raya

Semangat Banser di Malang Amankan Shalat Id Berjamaah

Semangat Banser di Malang Amankan Shalat Id Berjamaah
Anggota Banser menjaga kegiatan Shalat Id di salah satu masjid di Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/MMR)
Anggota Banser menjaga kegiatan Shalat Id di salah satu masjid di Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/MMR)

Malang, NU Online Jatim

Puluhan personel Barisan Ansor Serbaguna (Banser) ikut serta melakukan pengamanan Shalat Id Berjamaah di sejumlah masjid di Desa Tunjungtirto, Kecamatan singosari, Kabupaten Malangm Kamis (13/05/2021). Bersama petugas dari elemen lain, mereka terlihat semangat berjaga-jaga untuk memastikan lancar dan tertibnya pelaksanaan Shalat Id berjamaah sesuai protokol kesehatan Covid-19.

 

“Alhamdulillah, tahun ini kami dari pengurus Takmir Nurul Huda dapat menyelenggarakan Shalat Id dengan aman dan tertib. Selain itu, jamaah yang hadir juga sudah mematuhi aturan yang ditetapkan oleh takmir, seperti halnya memakai masker, mencuci tangan, serta membawa alat shalat masing-masing,” kata salah satu pengurus Takmir Masjid Nurul Huda, Riza Nahrul Ali Wafa.

 

Jauh-jauh hari, takmir masjid tersebut sudah mengimbau jamaah untuk menaati protokol kesehatan selama melaksanakan Shalat Id. Begitu juga setelah selesai shalat, jamaah diminta tidak berjabat tangan terlebih dahulu.

 

“Tak lupa kami juga selalu menghimbau untuk sementara waktu jamaah harap menghindari berjabat tangan secara langsung setelah Shalat Id,” imbuh anggota Banser Tunjungtirto itu.

 

“Kami berharap ke depan seluruh muslimin yang ada ini menyadari bahwa saat ini kita masih dalam situasi pandemi Covid-19. Jangan sampai adanya kerumunan jamaah itu membawa citra umat muslim menjadi buruk. Intinya, mari saling menjaga satu sama lain,” pungkas Riza.

 

Ketua Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda Ansor Tunjungtirto Ilham Haq mengatakan, pihaknya menerjunkan 25 personel Banser untuk berjaga-jaga di 12 masjid/mushala di Tunjungtirto.

 

“Kegiatan ini dirasa penting karena untuk menjaga keamanan dan kenyamanan Shalat Id di wilayah yang ditempati. Masing-masing kami beri dua sampai tiga personel Banser untuk mengamankan pelaksanaan Shalat Id,” ujarnya.

 

Editor: Nur Faishal


Malang Raya Terbaru