• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Maret 2024

Matraman

Ansor Trenggalek Bareng Lintas Pemuda Gelar Doa Kebangsaan

Ansor Trenggalek Bareng Lintas Pemuda Gelar Doa Kebangsaan
Doa kebangsaan lintas pemuda Trenggalek yang diinisiasi Ansor Trenggalek (18/08/2021) (Foto: NOJ/Dokumen PC GP Ansor Trenggalek).
Doa kebangsaan lintas pemuda Trenggalek yang diinisiasi Ansor Trenggalek (18/08/2021) (Foto: NOJ/Dokumen PC GP Ansor Trenggalek).

Trenggalek, NU Online Jatim
Masih dalam suasana di bulan kemerdekaan, Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Trenggalek menggelar doa kebangsaan lintas pemuda dan agama, Rabu (18/08/2021). Total ada 13 organisasi masyarakat (ormas) kepemudaan yang ada di Bumi Menak Sopal mengikuti kegiatan tersebut.

 

Doa bersama secara virtual melalui zoom meeting ini mengambil tema 'Merajut Indonesia Dari Desa'. Kegiatan ini dimulai pukul 19.30 malam dengan diikuti ratusan pemuda dan pelajar.

 

Ketua PC GP Ansor Trenggalek, Agus M Izuddin Zakk mengungkapkan, kegiatan tersebut terlaksana berkat inisiatif kader Ansor saat rapat bersama pengurus harian. Kemudian menelepon Ketua Pemuda Muhammadiyah dan Pemuda Gereja ikhwal rencana doa bersama. Akhirnya setelah sharing, sepakat untuk menggelar doa bersama.

 

"Diikuti oleh 13 ormas kepemudaan mulai dari GP Ansor, IPNU, Pemuda Muhammadiyah, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) sampai pemuda gereja dan pemuda hindu serta beberapa organisasi yang lain," kata Agus M Izuddin Zakki kepada NU Online Jatim.

 

"Sampai 500 pelajar, pemuda dari berbagai latar belakang yang ikut," terang kiai muda pengasuh Pondok Pesantren Al-Falah Kedunglurah Kecamatan Pogalan Trenggalek tersebut.

 

Sementara untuk offline hanya dikhususkan 13 orang dari ketua masing-masing organisasi kepemudaan yang berada di Gedung Smart Center dekat dengan Pendopo Pemerintah Kabupaten Trenggalek.

 

Gus Zakki, sapaan akrabnya menuturkan, rangkaian acara kali ini tidak hanya doa bersama. Pertama-tama akan dimintai testimoni masing-masing organisasi sekitar 5 menit.

 

Kemudian, berkaitan dengan kebangsaan  semacam arah bangsa kedepan khususnya di Trenggalek. Bagaimana kota kripik ini menyongsong masa depan, serta harapan-harapan yang ingin dicapai.

 

"Yang terakhir, doa bersama dipandu dari tiga, perwakilan dari Islam, Nasrani dan Hindu," papar Ketua PC Ansor Trenggalek masa khidmat 2019-2023 tersebut.

 

Seperti diketahui, tema Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI 2021 adalah 'ndonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh'. Menurutnya, harapan di hari kemerdekaan pada pemuda ialah mencoba berdikari.

 

Kemerdekaan yang sesungguhnya mana kala semua terbebas dalam belenggu-belenggu negara lain yang menjajah. Menjajah di masa sekarang tidak hanya melalui senjata, melainkan juga dalam segala lini, baik perekonomian hingga teknologi pengetahuan.

 

"Kita harapkan sebagai kita bisa berdikari, memulai semuanya dari bawah. Maksudnya mumpung masih muda, monggo berwiraswasta, berkarya, jangan takut gagal," pungkas Gus Zakki.

 

 

Turut hadir, Bupati Trenggalek M Nur Arifin yang hadir secara offline di Gedung Smart Center. Diakhir acara, Mas Ipin diminta peserta untuk mengisi kuisioner terhadap kegiatan yang berlangsung.

 

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru