• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Kediri Raya

Begini Cara Fatayat NU Trenggalek Peduli Warga Terdampak Covid-19

Begini Cara Fatayat NU Trenggalek Peduli Warga Terdampak Covid-19
PC Fatayat NU Trenggalek siap mendistribusikan paket sembako kepada masyarakat. (Foto: NOJ/Uliya)
PC Fatayat NU Trenggalek siap mendistribusikan paket sembako kepada masyarakat. (Foto: NOJ/Uliya)

Trenggalek, NU Online Jatim

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM terus diperpanjang. Banyak warga terdampak yang harus segera ditindaklanjuti dengan pendampingan dan pemberian bantuan. Hal inilah yang kemudian menggerakkan Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Trenggalek merealisasikan program Berbagi atau Bersama Fatayat NU Cabang Trenggalek Bahagia Keluarganya.

 

Ketua PC Fatayat NU Trenggalek, Hj Nadhirotul Ulfa mengungkapkan bahwa aksi ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Yang diberikan adalah bantuan paket sembilan bahan pokok atau sembako.

 

"Kita berkegiatan dengan berempati untuk masyarakat yang terdampak dengan memberikan paket sembako,” katanya beberapa waktu berselang.

 

Dijelaskannya bahwa pemberian bantuan semakin  menemukan momentumnya lantaran berbarengan dengan perayaan hari kemerdekaan. Dengan demikian, yang dilakukan adalah  dengan membagi semangat kemerdekaan untuk kalangan yang membutuhkan.


Penyuluh Agama di Kementerian Agama Kabupaten Trenggalek ini menjelaskan bahwa bantuan yang dibagikan sejumlah 382 paket. Terdiri dari sembako dan sayur-sayuran hasil panen dari anggota Fatayat NU. 

 

"Target dari aksi ini adalah para dluafa dan sebagian dari masyarakat yang isolasi mandiri,” ungkapnya.

 

Penyaluran paket bantuan yang dilaksanakan secara bertahap dan terbatas dimulai Ahad (08/08/2021). Adapun lokasinya sementara masih dipusatkan pada sebagian desa yang ada di Kecamatan Trenggalek. Kawasan tersebut meliputi Desa Sumberdadi, Parakan, Sukosari, Kelurahan Sumbergedong, juga beberapa daerah di Kecamatan Pogalan dan Gandusari.

 

Untuk keperluan pembelanjaan sejumlah sembako dan bahan lain yang diberikan kepada warga diperoleh dari beberapa donatur, hingga simpatisan. Yang tidak kalah penting adalah dari anggota Fatayat NU dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) serta Pimpinan Ranting (PR) se-Trenggalek. Hal tersebut sudah dilaksanakan sejak Juli lalu dan masih terus berlanjut sampai saat ini. 

 

Ulfa juga menerangkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan hati-hati. Sebisa mungkin menghindari kerumunan. Karenanya, penyaluran dilaksanakan dari rumah ke rumah.


"Tetap dengan protokol kesehatan yang berlaku,” tegasnya. 

 

Karena itu ada tim yang bertugas melakukan packing dan distribusi. Mereka baik dari PC Fatayat NU Trenggalek, dibantu oleh PAC, PR yang menjadi sasaran pendistribusian. Yang jadi catatan dan diperhatikan adalah adalah semua benar-benar sehat.

 

Ia juga merekomendasikan kegiatan ini untuk dilaksanakan di tingkatan PAC dan PR se-Trenggalek.

 

"Untuk PAC yang sudah melaksanakan mungkin masih PAC Pule. Semoga yang lain juga bisa mengambil peran sebanyak-banyaknya. Fatayat NU ambil bagian sebagai rakyat dan membantu rakyat,” jelasnya.

 

Lebih lanjut, ibu dua anak ini mengimbau agar masyarakat tetap mengikuti regulasi dan aturan yang ditetapkan pemerintah. Dan untuk kegiatan Fatayat NU menyesuaikan, sebisa mungkin menghindari kegiatan yang menimbulkan kerumunan, serta tetap memberikan sosialisasi tentang pentingnya protokol kesehatan kepada masyarakat.

 

Penulis: Uliyatun Ni'mah

Editor: Syaifullah


Editor:

Kediri Raya Terbaru