• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 6 Februari 2023

Matraman

Kampanye Cinta Budaya, Cara Pelajar NU Trenggalek Meriahkan HUT RI

Kampanye Cinta Budaya, Cara Pelajar NU Trenggalek Meriahkan HUT RI
Kegiatan Festival Kreativitas Pelajar oleh IPNU - IPPNU Desa Jajar. (Foto: NOJ/Uliya)
Kegiatan Festival Kreativitas Pelajar oleh IPNU - IPPNU Desa Jajar. (Foto: NOJ/Uliya)

Trenggalek, NU Online Jatim

Festival Kreativitas Pelajar 2021 sukses digelar oleh Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Desa Jajar, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek, Senin (16/08/2021). Kegiatan dalam rangka memperingati HUT Ke-76 Republik Indonesia tersebut bertempat di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Jajar.

 

Uniknya, acara dibawakan oleh master of ceremony (MC) yang terampil menggunakan Bahasa Jawa Krama.

 

Yoga Budi, Ketua PR IPNU Jajar mengaku membutuhkan waktu yang cukup singkat dalam mempersiapkan acara ini, yakni tujuh hari saja.

 

"Tidak hanya sekedar festival biasa, kegiatan yang mengusung tema 'Cerita dari Jajar: Ruang, Ragam, Interaksi' ini membawa misi memberikan ruang bagi pelajar untuk menampilkan potensi yang beragam dan interaksi melalui kebudayaan," ujarnya.

 

Ia berharap, selain pelajar aktif di bidang keagamaan, tetapi juga aktif di bidang sosial terutama pengembangan dan pelestarian budaya.

 

"Akhir-akhir ini kita terlalu mencintai gadget sampai melupakan warisan budaya yang harus kita jaga dengan sebaik-baiknya," ujarnya mengakhiri.

 

Kegiatan ini diawali dengan penampilan Majelis Shalawat Kubro (Masbro) yang merupakan gabungan dari berbagai grup se-Desa Jajar. Dilanjutkan dengan paduan suara khureen een orchestra membawakan lagu Hari Merdeka, Indonesia Jaya dengan diiringi deklamasi puisi.

 

Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (IPSNU) Pagar Nusa Ranting Jajar menampilkan pembacaan puisi berjudul “Bela Negara” oleh pendekar cilik Ayu Lesti Setyabudi yang baru berusia 6 tahun. Demonstrasi jurus-jurus dan beberapa atraksi di antaranya makan beling, pecah genteng, serta balok batako juga memeriahkan acara.

 

Adapun tari ratoh jaroe dipersembahkan oleh tim penari rodat. Tari ini merupakan adaptasi (cover) dari penampilan pada pembukaan Asian Games 2018 lalu.

 

Wayang Kulit sebagai penutup kegiatan malam Itu dibawakan oleh dalang muda, Cak Arma Yoga dengan lakon "Jamus Kalimasada di Era Milennial".

 

Dalam acara ini turut hadir Imam Mukaryanto Edy Kepala Desa Jajar, Ketua Tanfidziyah Ranting NU Jajar, serta Ketua PC IPPNU Trenggalek.

 

Imam Mukaryanto Edy, dalam sambutannya berpesan bahwa IPNU-IPPNU sebagai generasi milenial lahir dan tumbuh di era digital. Perlu dipahami bahwa kesuksesan event bukan lagi diukur dari berapa orang yang hadir.

 

Tetapi juga dari seberapa baik respons masyarakat di media sosial dalam konten-konten positif yang diunggah.

 

"Dalam momen HUT ke-76 RI ini, mari kita menahan diri sebagai kunci menuju kemerdekaan dari masa pandemi," ujarnya.

 

Ia juga menyampaikan bahwa pendidikan karakter saat ini sangat penting untuk digalakkan. Serta salah satu agent terbaik dalam misi ini adalah IPNU-IPPNU. "Puncak dari kecerdasan pelajar di era ini adalah akhlakul karimah," lanjutnya.

 

Adapun festival ini diikuti oleh anggota IPNU - IPPNU Jajar tanpa terkecuali secara terbatas dan melaksanakan protokol kesehatan yang berlaku.

 

 

Sementara itu, upacara peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI yang diikuti oleh pemerintah desa, seluruh badan otonom Nahdlatul Ulama dan warga nahdliyin serta masyarakat umum setempat dilangsungkan pada hari Selasa (17/08/2021) sebagai penutup dari seluruh rangkaian kegiatan Festival Kreativitas Pelajar 2021 ini.

 

Penulis: Uliyatun Ni’mah

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru