• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Matraman

Ansor Tulungagung Bakal Laksanakan Seleksi Magang di Jepang

Ansor Tulungagung Bakal Laksanakan Seleksi Magang di Jepang
Flyer Seleknas Magang Jepang 2022. (Foto: NOJ/ ISt)
Flyer Seleknas Magang Jepang 2022. (Foto: NOJ/ ISt)

Tulungagung, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Tulungagung akan melaksanakan Seleksi Nasional Magang Jepang 2022. Kegiatan tersebut merupakan buah kerja sama Kemnaker RI dan IM Japan, yang penyelenggaraannya diamanatkan kepada PC GP Ansor Tulungagung.


“Persiapan sudah sekitar 80 persen. Terkait tempat, insyaallah pembukaan akan digelar di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung pada 21 Agustus 2022 nanti,” ujar Ketua PC GP Ansor Kabupaten Tulungagung, Mukhamad Syukur, Selasa (16/08/2022).


Ia mengatakan, tes seleksi tersebut akan dilaksanakan pada Senin-Kamis (22-25/08/2022). Sementara tempat tes dijadwalkan di sejumlah titik, yaitu tes Matematika di STAI Diponegoro II Ngantru dan tes fisik di Stadion Rejoagung.


"Kalau tes wawancara nanti tempatnya di STAI Diponegoro," imbuh pria yang baru meraih gelar doktor Manajemen Pendidikan Islam di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung ini.


Syukur menuturkan, seleksi nasional magang di Jepang tersebut akan berlangsung cukup ketat. Oleh karena itu, ia meminta kepada seluruh peserta agar menyiapkan dan mempelajari materi yang dibutuhkan, termasuk menyiapkan fisik dan mental.


“Berziarah ke makam-makam sesepuh dan muassis NU juga perlu dilakukan. Hal ini lumrah dilakukan teman-teman sebagai bentuk ikhtiar batin atas usaha yang akan dilakukan,” terangnya.


Dirinya berpesan kepada kader Ansor di Tulungagung atau Jawa Timur agar memanfaatkan kesempatan yang cukup langka ini sebaik mungkin. Sebab, bila berhasil lulus maka akan ada dampak yang memadai bagi kader Ansor.


Menurutnya, disebut kesempatan langka karena penanggung jawab kegiatan di Jawa Timur hanya di Tulungagung. Sementara di Indonesia totalnya ada 2 titik, yakni Kudus dan Tulungagung sendiri.


“Ini kali ketiga Ansor Tulungagung dipercaya untuk menyelenggarakan Seleksi Nasional, pertama pada tahun 2018 dan disusul tahun 2019. Kemudian vakum karena pandemi, dan baru ada lagi di tahun 2022 ini,” jelasnya.


Pihaknya menyebutkan, kegiatan tersebut tidak hanya diikuti kader Ansor di Tulungagung saja, namun juga beberapa peserta luar Tulungagung. Di antaranya, Ponorogo, Blitar, bahkan ada yang dari luar Pulau Jawa.


“Target kepesertaan kegiatan seleksi magang Jepang ini minimal diikuti 150 peserta,” ucapnya.


Selanjutnya, bila ada hal-hal yang sangat teknis yang ingin ditanyakan bisa menghubungi Ketua Panitia atas nama Anas Syaikhu (0821-4081-1189).


Matraman Terbaru