• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Maret 2024

Matraman

Dapat Amanah Gelar PD-PKPNU, Lakpesdam NU Madiun Tancap Gas

Dapat Amanah Gelar PD-PKPNU, Lakpesdam NU Madiun Tancap Gas
PD-PKPNU PCNU Kabupaten Madiun. (Foto: NOJ/Ali Makhrus)
PD-PKPNU PCNU Kabupaten Madiun. (Foto: NOJ/Ali Makhrus)

Madiun, NU Online Jatim

Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PD-PKPNU) angkatan 1 Kabupaten Madiun resmi dibuka pada Jumat (01/12/2023) sore. Kegiatan ini digelar di Aula Pondok Pesantren Thoriqul Huda Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun, di bawah asuhan Rais PCNU Kabupaten Madiun, KH Dr Musthofa Ibrahim.

 

Kegiatan dibuka oleh instruktur nasional dari PBNU, KH Bahrudin. Menurutnya, pendidikan kader sangat penting, mengingat belakangan ini yang mengamalkan amaliyah NU semakin besar.

 

"PD-PKPNU ini penting agar kita dapat menyatukan gerak, visi, pemahaman dan langkah, sehingga keberadaan NU memberikan manfaat kepada masyarakat,” terangnya.

 

Sementara itu, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Madiun, KH. Dr. Munir meminta agar peserta PD-PKPNU mengikuti kegiatan tersebut dengan serius. Sebab, PD-PKPNU tersebut akan menjadi contoh pelaksanaan 15 kegiatan serupa di setiap MWCNU se-Kabupaten Madiun.

 

“Peserta PD-PKPNU angkatan 1 atau Ke-XXXV terhitung digelarnya pengkaderan sebelum ini. Ke depan, akan menjadi penggerak kegiatan pendidikan kader di wilayah MWCNU masing-masing. Semoga target PD-PKPNU di 15 MWC NU se-Kabupaten dalam satu tahun ini bisa terlaksana,” ungkap Kiai Munir, yang aktif sebagai Dosen IAIN Ponorogo.

 

Sesuai dengan keputusan PBNU pada surat Nomor: 66/PB.01/A.II.10.47/99/05/2023 tanggal 11 Mei 2023 Perihal Surat Edaran yang menetapkan penundaan penyelenggaraan kaderisasi untuk sementara.​​​​​​, kaderisasi akan dikelola atau berada di bawah Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) NU. Sehingga kaderisasi tidak akan lagi dikelola oleh tim adhoc atau panitia yang dibentuk oleh PBNU.

 

Oleh sebab itu, Ketua Lembaga Kajian dan Pemberdayaan Masyarakat (Lakpesdam) NU Kabupaten Madiun, Nasruddin Rasyid, menyambut dengan penuh semangat amanah ini. 

 

"Lakpesdam NU sebagai santri nderek apapun yang didawuhkan kiai PCNU Kabupaten Madiun," ucapnya.

 

Lakpesdam NU Kabupaten Madiun langsung tancap gas setelah dapat perintah langsung dari PCNU menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan terkait pelaksanaan program PD-PKPNU atas perintah PCNU.

 

"PD-PKPNU diikuti oleh 99 peserta yang merupakan perwakilan pengurus dari PCNU Kabupaten Madiun, badan otonom tingkat PCNU, dan perwakilan pengurus MWCNU se-Kabupaten Madiun," pungkasnya.


Matraman Terbaru