• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Maret 2024

Matraman

Dilantik, IPNU-IPPNU Pacitan Diingatkan Tantangan Dakwah Anak Muda

Dilantik, IPNU-IPPNU Pacitan Diingatkan Tantangan Dakwah Anak Muda
Prosesi pelantikan PC IPNU-IPPNU Pacitan yang digelar di STAIMU Pacitan, Ahad (26/11/2023). (Foto: NOJ/ Kelvin Nuryani)
Prosesi pelantikan PC IPNU-IPPNU Pacitan yang digelar di STAIMU Pacitan, Ahad (26/11/2023). (Foto: NOJ/ Kelvin Nuryani)

Pacitan, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) resmi dilantik pada Ahad (26/11/2023). Kegiatan ini dipusatkan di Auditorium Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Pacitan.

 

Ketua Pimpinan Wilayah (PW) IPNU Jatim, M Fakhrul Irfansyah menyampaikan, tantangan dakwah anak muda khususnya pelajar NU pada era saat ini jauh berbeda dengan era para kiai dan ibu nyai di masa lalu. Mengingat, saat ini sudah memasuki era society 5.0.

 

“Era ini merupakan era dimana kesediaan teknologi dan sumber daya manusia yang harus memiliki sebuah keseimbangan,” ujarnya.

 

Hal demikian menjadi tantangan tersendiri bagi kader-kader NU, khususnya IPNU dan IPPNU, yang notabene masih muda, sehingga menjadi tumpuan utama dalam menyeimbangkan keduanya. Ia pun meminta agar kader IPNU-IPPNU di Pacitan dapat turut berperan dalam menghadapi era tersebut.

 

“Ketua PC IPNU-IPPNU Pacitan harus segera gas pol untuk menjawab tantangan zaman yang sudah ada di depan mata. Namun, jangan sampai terlena karena masih ada amaliah-amaliah dan tradisi NU yang harus tetap dilestarikan,” tuturnya.

 

Dirinya menyebutkan bahwa pelantikan merupakan agenda strategis dalam sebuah organisasi. Sebab, menjadi sebuah fondasi awal bagaimana kader-kader NU bisa terus maju dalam menghadapi tantangan zaman.

 

Sementara Ketua PC IPNU Pacitan, Miftahul Mukhlis menyampaikan terima kasih kepada para tamu undangan yang hadir. Ia menyebutkan di masa kepengurusannya ingin menata ulang gerakan pelajar. Spirit ini selaras dengan tema pelantikan, yakni ‘Revitalisasi Gerakan Pelajar NU dalam Sadar Belajar dan Solid Berjuang Menyebarkan Aswaja’.

 

“Kami minta doa restu agar IPNU-IPPNU Pacitan nantinya bisa mendapatkan akses untuk bisa masuk ke sekolah-sekolah yang tidak hanya di bawah naungan Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU tetapi juga bisa masuk ke sekolah-sekolah negeri,” pungkasnya


Matraman Terbaru