• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Matraman

IPNU-IPPNU Pacitan Selenggarakan Upgrading, Ketua PCNU Berikan Motivasi

IPNU-IPPNU Pacitan Selenggarakan Upgrading, Ketua PCNU Berikan Motivasi
Ketua PCNU Pacitan memberikan motivasi kepada peserta upgrading IPNU IPPNU. (Foto: NOJ/Kelvin Nuryani)
Ketua PCNU Pacitan memberikan motivasi kepada peserta upgrading IPNU IPPNU. (Foto: NOJ/Kelvin Nuryani)

Pacitan, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Pacitan menggelar upgrading. Pada kesempatan tersebut, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pacitan memberikan motivasi.


Kegiatan yang bertajuk ‘Spirit of the Goal’ tersebut dipusatkan di gedung PCNU Pacitan, Ahad (05/06/2022) para pengurus diingatkan bahwa ketika sedang mengenyam bangku pendidikan dan ingin mengikuti organisasi, sebisa mungkin harus mengikuti organisasi NU.


“Ketika kamu sekolah ataupun kuliah jangan lupa mengikuti organisasi. Dan organisasi yang harus kamu masuki pertama adalah IPNU IPPNU,” katanya.


Kiai Mahmud, sapaannya menceritakan pengalaman semasa muda di mana bahkan saat akan melakukan kegiatan IPNU IPPNU jangan pernah menyusahkan orang lain. Oleh sang ayah, dirinya diingatkan untuk mandiri.


“Dulu ayah saya berpesan ketika mengurusi NU itu kamu harus mandiri, nanti manfaatnya besar ketika sudah dewasa. Jangan pernah merepotkan orang ketika kegiatan,” ujarnya.


Selain itu, ketika mengurusi NU dan tahu betul akan esensi dari organisasi tersebut, maka akan mudah dalam menjalaninya. Dan apa yang dilakukan tersebut pasti mendapat nilai tersendiri dari Sang Maha Kuasa.


“Berkah itu selama kita ikhlas akan muncul. Kita itu harus tahu betul sejarah, manfaat dari NU itu apa. Kalau tidak tahu hal tersebut maka motivasinya nanti akan rendah,” jelasnya.


Menurutnya, IPNU dan IPPNU bukan sekadar organisasi keterpelajaran semata, melainkan banyak sekali ilmu yang bisa diperoleh dari organisasi tersebut.


“Selama saya ber-IPNU IPPNU, di situlah saya menemukan banyak sekali ilmu bagaimana berorganisasi hingga bagaimana menghadapi permasalahan hidup,” terangnya.


Alumnus Pesantren Darul Ulum, Peterongan, Jombang tersebut juga menegaskan bahwa ketika benar-benar rela mengurusi dan menghidupi NU ,maka akan banyak hal yang tidak terduga yang datang.


“Ketika kita mengurusi NU itu jangan setengah-setengah harus benar-benar yakin dan entengan. Misalnya ada undangan untuk menghadiri kegiatan NU tanpa berpikir panjang, kita harus hadir dan sudah pasti berkah,” pungkasnya.


Editor:

Matraman Terbaru