• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Matraman

HUT Ke-76, Perwira TNI-AL Ziarah Makam Gus Dur

HUT Ke-76, Perwira TNI-AL Ziarah Makam Gus Dur
Perwira Tinggi TNI-AL Nur Hidayat bersama rombongan saat melakukan ziarah ke makam KH Abdurahman Wahid atau Gus Dur di Tebuireng, Jombang. (Foto: Tebuireng Online)
Perwira Tinggi TNI-AL Nur Hidayat bersama rombongan saat melakukan ziarah ke makam KH Abdurahman Wahid atau Gus Dur di Tebuireng, Jombang. (Foto: Tebuireng Online)

Jombang, NU Online Jatim

KH Abdurahman Wahid atau Gus Dur merupakan tokoh bangsa yang dihormati banyak kalangan. Buktinya, Perwira Tinggi TNI-AL, Nur Hidayat melakukan ziarah ke makam guru bangsa tersebut dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 TNI, sekaligus meninjau vaksinasi massal santri Pesantren Tebuireng, Senin (04/10/2021).

 

Perwira Nur Hidayat dan rombongan mendapatkan sambutan hangat oleh Pengasuh Pesantren Tebuireng, KH Abdul Hakim atau Gus Kikin.

 

Nur Hidayat mengatakan, bahwa kunjungan tersebut meneruskan tradisi panglima TNI yang setiap tahunnya mengunjungi Pesantren Tebuireng sekaligus berziarah kepada Pahlawan Nasional Indonesia, Hadratussyekh KH M Hasyim dan KH Abdul Wahid Hasyim.

 

“Pada tahun ini kita telah mengunjungi beberapa tempat, antara lain Jakarta, Blitar, Yogyakarta, dan Pesantren Tebuireng. Pelaksanaan ini bertujuan untuk mengenang jasa Pahlawan Republik Indonesia yang telah berjuang atas kemerdekaan Indonesia,” ungkapnya dilansir tebuireng.online.

 

Selain melanjutkan tradisi ziarah ke makam pahlawan, agenda ini juga dapat menjadikan kita mengenang jasa-jasa pejuang bangsa.

 

“Kunjungan kami ke Pesantren Tebuireng, memiliki tujuan utama yakni berziarah Gus Dur, yang telah berhasil mempersatukan berbagai kalangan tanpa membedakan agama, ras, suku dan lainnya,” ungkapnya.

 

Selain berziarah ke masyaikh dan tokoh pahlawan, Perwira Nur Hidayat dan rombongan juga memantau jalannya program vaksinasi serentak seluruh santri Pesantren Tebuireng.

 

“Adapun serbuan vaksinasi ini berjumlah sebanyak 5.650 dosis,” tuturnya.


Matraman Terbaru