• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 25 Mei 2022

Matraman

Realisasikan Pendirian BMT, NU Jatim Kumpulkan 5 PCNU di Jombang

Realisasikan Pendirian BMT, NU Jatim Kumpulkan 5 PCNU di Jombang
Rapat koordinasi pendirian BMTNU di kantor PCNU Jombang. (Foto: NOJ/Romza)
Rapat koordinasi pendirian BMTNU di kantor PCNU Jombang. (Foto: NOJ/Romza)

Jombang, NU Online Jatim
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur melaksanakan rapat koordinasi dengan perwakilan lima Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) di Kabupaten Jombang, Sabtu (11/09/2021). Kegiatan ini membahas pendirian Baitul Maal wa Tamwil Nahdlatul Ulama (BMTNU) untuk sejumlah PCNU di Jatim.

 

Adapun peserta yang hadir di kantor PCNU Jombang ini merupakan perwakilan PCNU Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Ngawi, serta Kabupaten Mojokerto. 

 

KH Abd Salam Sochib, Wakil Ketua PWNU Jatim yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan, pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari rencana pendirian 100 BMTNU yang digagas NU Jatim. 

 

"Ini juga tindak lanjut dari Turba PWNU Jatim yang kami laksanakan beberapa waktu lalu," kata Gus Salam di hadapan hadirin.

 

Untuk diketahui, Turba PWNU Jatim sebelumnya dilaksanakan di sejumlah zona di wilayah Jatim. Tetapi sempat ditunda karena lonjakan kasus Covid-19.

 

Sementara itu, H Amin Mujib selaku Koordinator Bidang Pengembangan Ekonomi Umat PWNU Jatim mengatakan, perwakilan dari empat PCNU tersebut dipilih karena minatnya yang tinggi untuk mendirikan BMTNU.

 

"Ini empat PCNU yang sangat berminat untuk pendirian BMTNU," kata Gus Amin.

 

Selain perwakilan dari empat PCNU, hadir pula sejumlah pengurus PWNU Jatim.

 

Hingga berita ini ditulis, koordinasi masih berlangsung. Masing-masing utusan melaporkan sejumlah dinamika yang dihadapi bagi upaya pendirian BMTNU di masing-masing daerah. 

 

Pihak PWNU Jatim sendiri memberikan beragam solusi atas masukan yang disampaikan utusan. Harapannya, upaya pendirian 100 BMTNU seperti diharapakan jelang peringatan 1 abad NU akan benar-benar terealisasi dengan baik.

 

Editor: Syaifullah
 


Editor:

Matraman Terbaru