• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 7 Juli 2022

Matraman

Santri Jamissbon Dilatih Keorganisasian di Pesantren Tambakberas

Santri Jamissbon Dilatih Keorganisasian di Pesantren Tambakberas
Para santri Bahrul Ulum Tambakberas Jombang asal Tuban (Jamissbon). (Foto: NOJ/A Muwaffaq)
Para santri Bahrul Ulum Tambakberas Jombang asal Tuban (Jamissbon). (Foto: NOJ/A Muwaffaq)

Jombang, NU Online Jatim

Organisasi santri asal Tuban  Jam'iyyah Islamiyyah Santri Sunan Bonang (Jamissbon) mengadakan diklat keorganisasian di Madrasah Tsanawiyah Fattah Hasyim Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, Jumat (01/10/2021).

 

Muhammad Ghufron Shobirin selaku pengurus harian memaparkan, kegiatan diklat yang diikuti oleh 200 santri tersebut  untuk membentuk kepribadian seorang santri agar selaras dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat

 

Harapannya, lanjut Ghufron, melalui diklat tersebut santri menyadari status sosialnya di masyarakat sehingga dapat menjalankan peran sosial sebagaimana mestinya.

 

Ahmad selaku pemateri menyampaikan sejarah organisasi Jamissbon berdiri. Dia menjelaskan, organisasi santri kedaerahan itu didirikan sebagai bagian dari Himpunan Santri Bahrul Ulum yang tujuannya untuk mensyiarkan pondok pesantren dan nilai-nilai yang diajarkan.

 

Ketua PP Al Mardliyah itu juga mempertegas pentingnya bergelut di organisasi. Hal itu sudah dicontohkan oleh KH Wahab Chasbullah, salah satu pendiri Nahdlatul Ulama yang juga pendiri Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.  


Matraman Terbaru