• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Matraman

Lawan Narkoba, Banom NU Ponorogo Diterjunkan

Lawan Narkoba, Banom NU Ponorogo Diterjunkan
Pelatihan Kader KIPAN. (Foto: NOJ/Zen)
Pelatihan Kader KIPAN. (Foto: NOJ/Zen)

Ponorogo, NU Online Jatim

Kesadaran perlawanan dan pencegahan narkoba serta napza di wilayah Kabupaten Ponorogo adalah sebuah jihad nyata. Dalam upaya tersebut, NU Kabupaten Ponorogo juga turut berpartisipasi dalam memerangi penyalahgunaan narkoba dan napza untuk menjaga generasi muda di wilayah tersebut.

 

Kali ini, perwakilan Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ponorogo, Fatayat NU, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) menyalurkan kadernya untuk turut serta menjadi Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (KIPAN). Kegiatan ini diadakan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Ponorogo, di Hotel Gajah Mada, Jl Gajah Mada, Ponorogo, Rabu (17/10/2021). Selama Rabu-Kamis (17-18/11/2021) mereka bakal digembleng pendidikan dan pelatihan anti narkoba. 

 

Kepala Seksi Kepemudaan Disbudparpora Kabupaten Ponorogo Wakhid Purwanto mengatakan sengaja mengundang peserta dari berbagai organisasi pemuda, karena mereka kritis dan sebagai aktivis yang selalu menggaungkan anti narkoba. Kemudian organisasi-organisasi yang mewadahi pemuda itu juga cenderung lebih efektif digandeng untuk menjadi kader KIPAN.

 

"Kegiatan ini bertujuan agar menghindari atau mencegah penyalahgunaan narkoba dan napza," katanya. 

 

Wakhid mengungkap setelah kegiatan ini, jika memungkinkan bakal dibentuk pengurus KIPAN Kabupaten Ponorogo. Mengingat, di tingkat Provinsi Jatim sudah terbentuk jajaran pengurus KIPAN. 

 

"Ke depan kita akan mulai rintis pengurus KIPAN Kabupaten Ponorogo," jelasnya.

 

Sementara Ketua IPNU Ponorogo, Wemerza Hindid Dahlawi yang turut menjadi peserta calon kader KIPAN mengaku sangat senang dapat mengikuti acara ini. Karena menurutnya, dengan acara ini ia dapat menggali ilmu yang bermanfaat bagi kader-kadernya agar terhindar dari bahaya narkoba dan napza. 

 

"Karena kader kita paling banyak ada di ranah SMP sampai SMA. Maka pasti kita sosialisasikan juga hasil dari KIPAN ini," paparnya. 

 

Senada dengan Erza, Ketua IPPNU Ponorogo yang juga nampak haus akan ilmu anti narkoba dan napza menyampaikan apa yang didapat dari KIPAN akan ia aplikasikan ke kader IPPNU. 

 

"Menurut riset, banyak anak SMA yang menjadi pengguna narkoba. Ke depan harus kita antisipasi," terangnya.

 

Sebagai informasi, pelatihan Kader KIPAN Dibuka Oleh Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disbudparpora Kabupaten Ponorogo, Rudi Hantoro. Pada sesi materi pertama tentang bahaya Narkoba di isi oleh Satuan Narkoba Polres Ponorogo, Aipda Khoirudin.


Matraman Terbaru