• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Matraman

Kader Ansor di Ponorogo Dilatih Cakap Administrasi

Kader Ansor di Ponorogo Dilatih Cakap Administrasi
Diklat Administrasi yang diselenggarakan oleh PAC GP Ansor Babadan, Ponorogo. (Foto: NOJ/ Husnul Khotimah)
Diklat Administrasi yang diselenggarakan oleh PAC GP Ansor Babadan, Ponorogo. (Foto: NOJ/ Husnul Khotimah)

Ponorogo, NU Online Jatim

Salah satu indikator penting dalam menilai organisasi adalah perihal tertib administrasi. Karena kinerja, profesionalisme, dan kompetensi dapat diukur dari tata kelola administrasi.

 

Untuk itu, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Babadan, Ponorogo menyelenggarakan Diklat Administrasi. Kegiatan tersebut dipusatkan di kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) setempat, Senin (15/10/ 2021).

 

“Diklat administrasi ini kita adakan sebagai upaya penguatan administrasi kelembagaan, khususnya untuk Pimpinan Ranting (PR) GP Ansor se-Kecamatan Babadan, utamanya menjelang akreditasi ranting," kata Latif Nahrawi, Ketua PAC GP Ansor Babadan. 

 

Latif menjelaskan, bahwa tertib administrasi akan memudahkan pengurus dalam menyusun agenda organisasi. Baik itu yang berbentuk perencanaan program, penilaian, evaluasi, hingga akreditasi tahunan.

 

"Dalam kegiatan ini kami juga mensosialisasikan database administrasi, sebagai rujukan PR GP Ansor dalam menyelenggarakan administrasi organisasi," jelas Latif. 

 

Dengan diklat tersebut, pihaknya berharap seluruh Pimpinan Ranting mampu menerapkan apa yang telah disampaikan oleh pemateri dalam diklat. "Serta, GP Ansor Babadan menjadi PAC yang memiliki sistem administrasi yang berkualitas," ucapnya.

 

Sementara itu, Ala Setia Budi salah satu peserta diklat administrasi sangat mengapresiasi acara tersebut. “Saya sangat senang sekali karena ini merupakan diklat administrasi awal bagi saya, dan pastinya banyak sekali ilmu dan pengetahuan baru terkait keadministrasian yang ada di GP Ansor," ungkapnya.

 

Adapun pemateri dalam kegiatan ini ialah instruktur dari Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Ponorogo. Sedang materi yang dipaparkan yaitu tata persuratan, penyusunan laporan, serta sosialisasi akreditasi.

 

Kegiatan tersebut diikuti 45 kader dari Pimpinan Ranting se-Kecamatan Babadan, yakni setiap Pimpinan Ranting diwakili tiga orang.


Matraman Terbaru