• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 27 November 2022

Metropolis

Pelajar NU di Sidoarjo Galang Donasi untuk Korban Banjir Kota Batu

Pelajar NU di Sidoarjo Galang Donasi untuk Korban Banjir Kota Batu
PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Sidoarjo Kota saat menyerahkan donasi kepada LAZISNU Sidoarjo untuk korban banjir Kota Batu. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)
PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Sidoarjo Kota saat menyerahkan donasi kepada LAZISNU Sidoarjo untuk korban banjir Kota Batu. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Sidoarjo Kota melakukan aksi donasi untuk korban banjir bandang di Kota Batu. Donasi tersebut dihimpun dari seluruh pelajar NU yang tersebar di seluruh Pimpinan Ranting (PR) di daerah setempat.

 

Proses pengumpulan yang sudah berjalan selama sepekan ini berhasil mengumpulkan dana Rp1.125.000. Ada pula donasi yang berbentuk sembilan bahan pokok dan pakaian layak pakai. Donasi tersebut selanjutnya disalurkan melalui Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Sidoarjo pada Senin (15/11/2021).

 

Ketua PAC IPNU Sidoarjo Kota, Muhammad Nur Sahib mengatakan bahwa sebagai organisasi badan otonom (banom) Nahdlatul Ulama sudah semestinya saling peduli dan membantu meringankan beban sesama yang terkena musibah.

 

"IPNU-IPPNU adalah organisasi yang juga harus peduli dengan sesama, dimana kita yaang berasal dari masyarakat sudah seharusnya mengabdi kembali di masyarakat. Dengan ini, diharapkan jiwa saling membantu dan bergotong royong tumbuh subur," ujarnya. 

 

Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) ini berpesan, agar seluruh korban bencana alam di kawasan Kota Batu agar tabah, sabar, serta tetap bersemangat. Karena di balik musibah ada hikmah atau pelajaran yang dapat diambil manfaatnya.

 

Senada dengan itu, Roy Ramadhani selaku Wakil Ketua 3 PAC IPNU Kecamatan Sidoarjo Kota yang membidangi Departemen Dakwah dan Kemasyarakatan menjelaskan, bahwa program ini senyatanya tidak tercantum dalam program tahunan maupun bulanan.

 

"Tapi hal ini perlu dilakukan karena semata-mata spontan atas gerak hati untuk menolong sesama. Karena kita harus Fastabiqul Khoirot, atau berlomba-lomba dalam kebaikan yang menjadi representasi dari akhlakul karimah seorang pelajar Nahdlatul Ulama," tegasnya.

 

Sementara Ketua PC LAZISNU Sidoarjo, Muhammad Ihsan sangat mengapresiasi inisiatif yang  dilakukan oleh para pelajar yang memiliki jiwa kepedulian tinggi terhadap sesama.

 

"Saya merasa bangga terhadap kepedulian para pelajar terhadap saudara kita yang terkena musibah, terima kasih dan semoga berkah serta dapat membantu meringankan beban para korban bencana," ujarnya.


Metropolis Terbaru