• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Metropolis

LDNU Sidoarjo Luncurkan Buku Khutbah Jumat An Nahdliyah

LDNU Sidoarjo Luncurkan Buku Khutbah Jumat An Nahdliyah
Suasana launching Buku Khutbah Jum'at An Nahdliyah. (Foto:NOJ/Maschan Yusuf)
Suasana launching Buku Khutbah Jum'at An Nahdliyah. (Foto:NOJ/Maschan Yusuf)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Sidoarjo menerbitkan buku berjudul ‘Khutbah Jum'at An-Nahdliyah’. Buku ini diluncurkan, salah satunya guna menjawab tantangan dakwah di zaman digitalisasi yang mempermudah seseorang mencari informasi.

 

Buku yang berisi tentang pedoman khutbah Jum'at ini resmi dilaunching dalam kegiatan ngaji rutin kitab Irsyadul Ibad yang diasuh oleh Rais Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU Sidoarjo KH Rofiq Sirodj setiap Ahad Wage di Masjid Agung Sidoarjo, Ahad (14/11/2021).

 

KH Qosim Wirai, Ketua LDNU Sidoarjo, menjelaskan bahwa proses pembuatan buku cukup melelahkan sebab membutuhkan waktu sekitar 2 tahun. Meski demikian, pada akhirnya bisa memuaskan.

 

Buku ini ditulis oleh 33 kiai-kiai NU yang disempurnakan oleh Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Marzuki Mustamar, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo KH Maskhun, Ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Sidoarjo H Sholehuddin, dan lainnya.

 

"Alhamdulillah setelah menempuh proses yang sangat panjang selama 2 tahun terakhir. Buku pedoman khutbah dapat diterbitkan, terdiri dari 50 judul khutbah yang ditulis oleh kiai-kiai khos Nahdlatul Ulama," ungkapnya.

 

Dosen Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) ini juga berharap buku tersebut nantinya dapat menjadi pedoman bagi seluruh Nahdliyin. Khususnya bagi Takmir Masjid di Kabupaten Sidoarjo dalam melakukan pelatihan khutbah bagi ustadz muda di lingkungan desa.

 

"Terima kasih kepada kiai-kiai NU yang turut membantu menulis, menerbitkan serta menyempurnakan buku ini, Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi seluruh Nahdliyin, terutama bagi ustadz-ustadz muda agar faham dengan karakteristik dakwah An-Nahdliyah," ujarnya.

 

Lebih lanjut, ia menuturkan, pihaknya akan mendistribusikan buku pedoman khutbah tersebut ke seluruh takmir masjid se Kabupaten Sidoarjo. Serta akan diperjualbelikan di toko buku atau secara online agar dapat menjangkau seluruh masyarakat yang membutuhkan referensi tentang khutbah yang baik dan benar.

 

Sementara itu, KH Ma'ruf Asrori yang juga penulis dan penerbit bersama PT Khalista mengatakan, cikal bakal terbitnya buku ini pertamanya dari makalah yang terdiri hanya 7 halaman. Kemudian dapat tersusun buku bersumber dari kiai-kiai NU yang mempunyai ciri khas dakwah di Indonesia.

 

Menurutnya, buku pedoman khutbah ini tidak hanya untuk pegangan dan panduan warga NU. Tapi juga sesuai untuk seluruh warga Muslim di Indonesia yang toleransi dan rahmatan lil alamin.

 

"Saya yakinkan bahwa semua yang terlibat dalam penulisan baik tulisan latin hingga arab telah melalui penyempurnakan oleh orang-orang pilihan yang alim dan sholeh, sehingga tidak perlu diragukan lagi sumber keilmuannya," tandasnya.

 

Turut hadir dalam launching buku pedoman khutbah jum'at kali ini, Guru Besar Universitas Islam Negeri Surabaya (Uinsa) KH M Ali Aziz. Ia mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh PC LDNU Sidoarjo ini.

 

 

Kiai Ali mengatakan bahwa siapa pun yang mau menulis buku sekarang ini adalah orang pilihan. Mereka akan meninggalkan ilmu yang kemudian menjadi refrensi dan akan ditiru bagi generasi selanjutnya.

 

"Seperti kitab suci Al Qur'an yang dahulu ditulis dengan tangan, sehingga dapat dimanfaatkan hingga saat ini yang melahirkan revolusi yang besar. Menyusun buku itu berat," ucap Guru Besar Bidang Keilmuan, Dakwah, dan Komunikasi Uinsa tersebut.


Editor:

Metropolis Terbaru