• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 5 Desember 2022

Metropolis

Mengenal Shofia Zahro, Peraih Juara 3 MHQ 5 Juz dan Tilawah Asal Sidoarjo

Mengenal Shofia Zahro, Peraih Juara 3 MHQ 5 Juz dan Tilawah Asal Sidoarjo
Shofia Zahro ketika MHQ di Pamekasan. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)
Shofia Zahro ketika MHQ di Pamekasan. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Kafilah Sidoarjo berhasil menjadi Runner Up MTQ ke-XXIX Jatim di Pamekasan 02-11 November 2021. Kafilah Sidoarjo mendapat lima belas juara dengan rincian  juara satu sebanyak empat peserta, juara dua enam peserta, dan juara tiga lima peserta.

 

Shofia Zahro merupakan santriwati yang berasal dari Dusun Mergayu RT 07 RW 02 Desa Mergobener, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo. Ia berhasil menyebet juara tiga Cabang Hifzhil Qur’an 5 Juz dan tilawah dengan nilai 96,25.

 

Shofia Zahro merupakan putri dari Bapak Imron dan Ibu Yayum. Shofia lahir di Sidoarjo, 28 Juli 2003, masa kecilnya ia habiskan belajar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Mergobener. Setelah lulus ia melanjutkan belajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Mojokerto.

 

Sembari sekolah formal ia juga nyantri di Pondok Pesantren Tafidzul Qur’an Al Muhajirin 2  yang beralamatkan di  Dusun Lamongan Desa Kalipuro Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto. Pesantren ini diasuh oleh KH Abdul Ghofur Shiddiq, seorang kiai yang dikenal istikamah, bijaksana dan tawadlu’.

 

Saat ini santriwati yang menyukai bakso ini duduk di kelas XII Madrasah Aliyah (MA) 1 Mojokerto. Terkait prestasinya, santri yang mempunyai hobi membaca ini mengaku tidak lepas dari bimbingan para pembinannya.

 

“Banyak pembina yang telah memberikan ilmunya pada saya. Masing masing membina dalam bidang yang berbeda, seperti bidang  tahfidh, tajwid dan fashohah oleh Ustadz H Agus Ubaidillah. Ustadzah Siti Lailatus Sholiha di  bidang  suara, Ustadz Nur Hasan di bidang lagu, Kiai  Muda'i Bakrie dan banyak lagi tidak bisa saya sebutkan satu persatu," ujarnya kepada NU Online Jatim, Kamis (11/11).

 

Shofia Zahro sangat bersyukur karena telah diberi nikmat karena Al-Qur’an. Ia juga berharap ke depan bisa mengikuti cabang lomba yang lain, seperti MHQ 10 atau 20 juz bahkan tafsir Al-Qur’an.

 

Sebelumnya Shofia telah meraih  juara dua cabang MHQ 1 juz tilawah pada MTQ Jatim ke-XXVII di Kabupaten Pasuruan.


Metropolis Terbaru